panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
08 April 2013 | 06:11 wib
Debat Cagub untuk Sosialisasikan Program

SEMARANG, suaramerdeka.com - DPRD Jateng menilai debat calon gubernur (cagub) yang menjadi tahapan Pilgub Jateng 2013 merupakan hal penting. Sebab, debat ini merupakan bagian dari sosialisasi program cagub selama lima tahun ke depan. Karena itu, debat cagub hendaknya supaya jangan ditiadakan.

Sebelumnya, Gubernur petahana Bibit Waluyo mengusulkan agar KPU tidak mengadakan debat cagub. Alasannya, cagub lain belum berpengalaman cukup tentang seluk beluk permasalahan dan pemecahan solusinya di Jateng.

Anggota Komisi A DPRD Jateng Arif Awaludin menyatakan, debat ini perlu sebagai sarana sosialisasi supaya masyarakat mengetahui dan memahami program masing-masing calon. Mereka tentu memiliki strategi tertentu terkait bagaimana membangun Jateng.

"Pada periode Pilgub Jateng 2008 lalu, Pak Bibit belum mempunyai pengalaman tapi kan ikut debat. Justru, debat menjadi sarana sosialisasi apakah program membumi dan bisa diterima masyarakat," tandas Ketua Fraksi PKS DPRD Jateng.

Menurut dia, debat cagub ini juga bisa digunakan tolak ukur apakah program yang disampaikan cagub sesuai janjinya. Bagi petahana, ini bisa menjadi uji publik apakah program sudah sampai ke masyarakat. Sebaliknya, bagi calon baru, mereka tentu akan menawarkan program lima tahun mendatang.

Anggota Komisi A DPRD Jateng Slamet Efendi menegaskan, debat cagub ini hukumnya wajib dilaksanakan karena sudah sesuai aturan KPU. Melalui debat cagub, masyarakat akan bisa tahu persis apa yang dilakukan lima tahun mendatang.

"Masyarakat yang nantinya menilai program riil Mas Hadi Prabowo, Mas Ganjar Pranowo, termasuk Pak Bibit Waluyo. Selama ini mungkin ada yang beranggapan program Bali Desa Mbangun Desa is the best (yang terbaik-red) menurut Pak Bibit, tapi untuk masyarakat belum tentu," tandas politikus PDIP.

Terlebih lagi, kenyataan yang ada saat ini masih banyak masyarakat belum terlayani masalah pendidikan, kesulitan berobat di rumah sakit maupun klinik pengobatan.

( Royce Wijaya / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Pilkada Terbaru
16 April 2014 | 17:52 wib
Dibaca: 723
18 Agustus 2013 | 11:15 wib
Memeriahkan HUT Ke-68 Kemerdekaan RI
Dua Ribu Layang-layang Hiasi Banjirkanal Barat
Dibaca: 1198
20 Juni 2013 | 20:23 wib
Dibaca: 965
19 Juni 2013 | 20:20 wib
Dibaca: 689
17 Juni 2013 | 20:05 wib
Dibaca: 858
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER