panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
21 Maret 2014 | 02:56 wib
Bupati Klaten Tolak Mengisi SK Tanggung Jawab Mutlak

KLATEN, suaramerdeka.com - Bupati Klaten H Sunarna SE MHum tak mau mengisi Surat Keterangan Tanggung Jawab Mutlak (SKTJM). Surat tersebut menjadi syarat yang harus dilampirkan dalam pemberkasan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tenaga honorer katagori dua (K2) yang harus dikirim ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Bupati menilai pengisian SKTJM K2 oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yang dijadikan lampiran syarat pemberkasan terlalu mengada-ada, bahkan sebenarnya tidak perlu. Rekrutmen CPNS K2 di Klaten mulai dari proses pendaftaran sampai seleksi dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sehingga menjadi tanggung jawab BKN.

''Bupati sebagai pembina tak perlu melampirkan surat pernyataan itu, karena semua proses seleksi CPNS K2 dilakukan oleh BKN. Diterima atau tidaknya tenaga honorer juga ada ditangan BKN. Masa Bupati harus memeriksa dokumen satu-satu dan ancamannya dipidana, itu aneh,'' tegas Bupati, Kamis (20/3).

Pernyataan itu diungkapkan kepada wartawan selesai memberikan pengarahan terhadap ribuan tenaga honorer K2 di GOR. Di Klaten ada 1.098 tenaga honorer yang lolos seleksi CPNS, tidak mungkin bupati meneliti semua dokumen dan lampiran yang menjadi persyaratan pemberkasan CPNS.

SKTJM yang dimaksud adalah surat yang berisi bahwa PPK menjamin keaslian berkas dan keabsahan data CPNS K2 yang akan dikirim ke BKN. Apabila nantinya ditemukan ada data yang tidak benar, maka PPK yang akan bertanggung jawab dengan ancaman sanksi administratif maupun pidana.

''Itu namanya melempar tanggung jawab. Padahal BKN selaku panitia pengangkatan tenaga honorer. Tugas Bupati hanya sebagai pembina kepegawaian, wewenangannya bukan sebagai penentu pengangkatan tenaga honorer sebagai CPNS,'' tegas Bupati.

Karenanya, semua berkas CPNS K2 Klaten yang harus diselesaikan pada akhir April 2014 tidak akan dilampiri SKTJM. Semua dokumen akan dikirim ke BKN, perkara akan diterima atau tidak dokumen tersebut menjadi urusan BKN. Sejak awal semua ditangani BKN, BKD Klaten hanya membantu pelaksanaannya saja.

( Merawati Sunantri / CN34 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
30 Agustus 2014 | 10:18 wib
Dibaca: 207
30 Agustus 2014 | 09:52 wib
Dibaca: 212
30 Agustus 2014 | 08:40 wib
Dibaca: 329
30 Agustus 2014 | 07:50 wib
Dibaca: 321
30 Agustus 2014 | 07:20 wib
Dibaca: 338
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER