panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
17 September 2013 | 07:16 wib
PKPU 15/2013 Mendesak Segera Disosialisasikan

SOLO, suaramerdeka.com - Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) 15/2013, sebagai perubahan atas PKPU 1/2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye, mendesak untuk segera disosialisasikan. Sebab dalam PKPU itu mengatur pembatasan alat peraga kampanye bagi calon legislatif (caleg) dan partai politik (parpol).

Disebutkan dalam PKPU tersebut, bahwa satu baliho atau papan reklame hanya diperuntukkan bagi satu parpol untuk satu kelurahan. Aturan itu juga berlaku untuk calon anggota DPD.

Lalu bendera dan umbul-umbul hanya bisa dipasang oleh partai atau calon anggota DPD, hanya pada zona atau wilayah yang ditetapkan KPU dan pemerintah daerah/pemerintah kota. Adapun spanduk bisa dipasang calon anggota DPR, DPD dan DPRD hanya satu unit pada satu zona. Peraturan tersebut, rencananya akan berlaku mulai 28 September 2013, atau selang satu bulan sejak diundangkan.

Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Rekrutmen DPC PDIP Kota Surakarta YF Sukasno menilai, sosialisasi PKPU 15/2013 perlu segera dilakukan. "Biar tidak ada kebingungan, bagi partai maupun caleg dalam menerapkannya. Termasuk titik-titik mana yang diperbolehkan untuk memasang alat peraga," katanya.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sri Sumanta berpendapat sama. Menurutnya, KPU harus segera menyosialisasikan PKPU tersebut ke partai dan caleg, agar bisa dipahami oleh semuanya. "Semua elemen terkait masalah ini harus dihadirkan. Agar tidak ada kesalahpahaman dalam penerapan di lapangan," tuturnya.

Mengenai penindakan, Sumanta menyatakan, Panwaslu tak berwenang menertibkan atribut kampanye yang melanggar. Penertiban akan dilakukan tim gabungan, beranggotakan personel Satpol PP, KPU dan Panwaslu. Ketua KPU Kota Surakarta Didik Wahyudiono mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan KPU Jateng, sebelum menyosialisasikan PKPU tersebut.

( Irfan Salafudin / CN26 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
19 April 2014 | 08:12 wib
Dibaca: 611
19 April 2014 | 05:00 wib
Dibaca: 580
19 April 2014 | 04:10 wib
Dibaca: 779
19 April 2014 | 03:25 wib
Dibaca: 462
19 April 2014 | 02:35 wib
Dibaca: 409
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER