panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
16 Juli 2013 | 04:11 wib
Gaji Seret, Pencatat Meter Datangi PLN

KLATEN, suaramerdeka.com - Ratusan pencatat meter (cater) mendatangi kantor PT PLN APJ Klaten di Jl Yogya-Solo, Klaten Utara. Para pencatat meter itu gerah sebab gaji mereka selama beberapa bulan terakhir molor dibayarkan PT Wahana Sejahtera selaku vendor rekanan PT PLN.

''Kami datang hanya mengharap gaji tepat waktu. Itu saja,'' ungkap perwakilan Cater PT PLN, Purbo Cahyono, Senin (15/7) usai dialog.

Para pencatat meter datang pukul 09.00 dengan sepeda motor. Mereka memarkir sepeda motor kemudian berkumpul di teras dan kompleks PT PLN. Perwakilan diterima sekitar 20 orang di ruang rapat kantor. Mereka ditemui Direktur Teknik PT Wahana Sejahtera Yuli Gatot Irawan, Menejer  PT PLN APJ KLaten, Suparyanto dan Humas PT PLN APJ Klaten, Indratmo Agus Bandrianto.

Purbo menjelaskan, aksi mereka bukan demo tetapi hanya meminta dimediasi dengan vendor. Sebab sejak bulan Fabruari sampai Juni gaji mereka terlambat. Meski tetap dibayarkan tetapi gaji baru diterima di pertengahan bulan. Hal itu membuat para pekerja kerepotan memenuhi kebutuhan.

Untuk itu, pekerja meminta ada kepastian pembayaran gaji. Dari hasil pertemuan, disepakati dalam waktu dekat sudah akan ada kontrak kerja. Isinya termasuk tanggal pembayaran gaji karyawan setiap tanggal 5. Dengan akan adanya kontrak tersebut, nasib pencatat meter di lima rayon akan lebih pasti.

Direktur Teknik PT Wahana Sejahtera Yuli Gatot Irawan saat diminta penjelasannya enggan memberikan komentar kepada wartawan. Namun menurut Humas PT PLN APJ Klaten, Indratmo Agus Bandrianto para pekerja meminta pembayaran gaji tepat waktu. ''PLN dalam hal ini hanya memediasi saja,'' katanya.

Menurutnya selama ini gaji para pencatat meter di semua rayon dari Kota, Tulung, Delanggu sampai Pedan rutin dibayarkan. Hanya saja kadang terlambat sehingga pekerja mengeluh. Untuk itu PT PLN memediasi dengan mempertemukan dua pihak itu. Hasilnya, sudah ada kesepahaman akan ada kontrak kerja baru yang juga mencantumkan masalah waktu pembayaran gaji. PT PLN sendiri, kata dia, selama ini sudah tidak berurusan langsung dengan pencatat meter.

Sebab, PLN sudah menunjuk PT Wahana Sejahtera sebagai rekanan pelaksana. Semua anggaran dari PT PLN sudah beres dibayarkan ke PT Wahana Sejahtera. Dengan demikian, masalah itu bukan lagi dengan PT PLN sedangkan PLN hanya memediasi saja agar tidak meruncing. Selain masalah waktu gajian, pekerja juga mengeluhkan masalah fasilitas lain seperti seragam.

( Achmad Hussain / CN34 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
05 September 2014 | 22:45 wib
Dibaca: 11351
image
05 September 2014 | 22:00 wib
Dibaca: 10467
05 September 2014 | 18:59 wib
Dibaca: 4767
05 September 2014 | 18:18 wib
Dibaca: 558
05 September 2014 | 17:56 wib
Dibaca: 502
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER