panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
10 Juli 2013 | 18:43 wib
Langgar Aturan, Pentas Musik THR Sriwedari Dihentikan

SOLO, suaramerdeka.com - Pemkot Surakarta menghentikan paksa pentas musik yang digelar di THR Sriwedari. Pasalnya, pengelola dianggap melanggar aturan operasional usaha rekreasi dan hiburan umum (URHU) selama Ramadan.

Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Ipung Saryoko mengungkapkan, penghentian paksa itu dilakukan bersamaan dengan kegiatan pengawasan tempat hiburan malam di Solo, Selasa malam. Pentas musik tersebut berlangsung sejak pukul 19.00 Wib dan dihentikan sekitar pukul 21.30 Wib.

"Aturannya sudah jelas. Kami juga sudah menyosialisasikan kepada semua pengelola tempat hiburan, kalau mereka dilarang beroperasi pada pekan pertama dan pekan terakhir puasa," ungkap dia, Rabu (10/7).

Pembatasan operasional tempat hiburan malam tersebut diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4/2002. Selain melarang aktivitas usaha hiburan selama sepekan pertama dan terakhir Ramadan, aturan itu juga membatasi operasional tempat hiburan pada pekan kedua dan ketiga bulan puasa.

Ipung mengaku kecolongan dengan adanya aktivitas hiburan di THR Sriwedari tersebut. Padahal, lokasi THR berada tidak jauh dari Kantor Disbudpar, di kompleks Sriwedari. "Akhirnya kami terpaksa memberi peringatan lisan kepada pengelola dan mereka bersedia menghentikan kegiatan," kata dia.

Ipung menerangkan, pengawasan operasional URHU tersebut melibatkan tim gabungan dari Disbudpar, kepolisian, kejaksaan, Satpol PP dan Linmas dan Kementerian Agama (Kemenag). Tim juga memantau operasional 22 tempat hiburan lain di Solo.

Asisten Manager Show dan Program THR Sriwedari, Retnosari Ariani mengaku, tidak mengetahui jika larangan operasional URHU pada pekan pertama Ramadan dimulai Selasa malam. Ia juga mengatakan, pentas rock klasik tersebut merupakan agenda terakhir sebelum libur awal puasa.

"Kami kira baru dimulai malam ini, menyesuaikan hari pertama puasa. Tahun-tahun sebelumnya juga demikian kok (dimulai pada hari pertama puasa, red)," terang dia.

( Agustinus Ariawan / CN38 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
05 September 2014 | 22:45 wib
Dibaca: 3881
image
05 September 2014 | 22:00 wib
Dibaca: 4066
05 September 2014 | 18:59 wib
Dibaca: 2418
05 September 2014 | 18:18 wib
Dibaca: 419
05 September 2014 | 17:56 wib
Dibaca: 394
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER