panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
26 Juni 2013 | 15:14 wib
Program BLSM, Pusat "Cueki" Pemerintah Daerah

SOLO, suaramerdeka.com - Program Bantuan Langsung Sementara (BLSM) membuat unsur pemerintahan mulai dari wali/bupati, camat, RW dan RT dibuat kewalahan. Pemangku kepentingan tak berkutik menjawab pertanyaan masyarakat soal program itu.

"Pertanyaan-pertanyaan seperti kriteria penerima bantuan, siapa saja penerima bantuan selalu disampaikan kepada kami. Lalu bagaimana kami mau menjawab wong dari semula tidak pernah dilibatkan, dan ditinggalkan," kata Ketua DPRD Kota Surakarta YF Sukasno, Rabu (26/6).

Sukasno membeberkan pengalamannya saat didatangi salah satu tetangganya, sebut saja Sukiyem janda 78 tahun. Saat itu ia ditanya Mbah Sukiyem, mengapa tidak mendapatkan BLSM? "Karena saya memang tidak tahu-menahu tentang program itu saya tidak bisa jawab," cerita Sukasno.

Pengalaman serupa juga dialami Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto yang juga dikomplain warganya karena tidak mendapatkan BLSM, padahal warga bersangkutan memang benar-benar miskin.

Politisi dari PDIP ini mengindikasikan, peran kepala daerah di provinsi dan kota/kabupaten tersisihkan dari program pemerintah pusat. Hal itu terlihat saat kepala daerah tak bisa menjawab pertanyaan warga terkait program tertentu. 

"Saya yakin hampir seluruh wali kota/bupati dan ketua dewan di daerah juga mendapatkan pengalaman serupa. Kondisi ini membuktikan peran pembantuan kepala daerah tidak berfungsi, sehingga dugaan kami program BLSM malah tidak selaras dengan UU No 32/2004 tentang Pemerintah Daerah khusunya pembantuan kepala daerah," terangnya.

Sukasno mencium aroma tajam unsur politis atas program BLSM. Menurutnya, kebijakan pemerintah pusat itu hanya demi kepentingan satu partai penguasa. Sehingga saat BLSM digulirkan, dampak program itu tidak dirasakan pemerintah pusat malah pemerintah daerah.

( Budi Sarmun S / CN33 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
05 September 2014 | 22:45 wib
Dibaca: 11412
image
05 September 2014 | 22:00 wib
Dibaca: 10528
05 September 2014 | 18:59 wib
Dibaca: 4783
05 September 2014 | 18:18 wib
Dibaca: 558
05 September 2014 | 17:56 wib
Dibaca: 503
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER