panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
03 Juni 2013 | 07:03 wib
SMP 1 Wonogiri: Langganan Meraih Rangking Tertinggi Kelulusan

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Hampir setiap tahun, peringkat kelulusan SMP Negeri 1 Wonogiri, selalu bertengger paling atas. Sekolah favorit di Kabupaten Wonogiri ini, senantiasa menjadi langganan dalam meraih prestasi rangking tertinggi kelulusan ujian nasional (UN) bagi para siswanya.

Sebagaimana yang terjadi pada tahun 2012/2013 ini misalnya, peringkat kelulusan SMP 1 Wonogiri berada paling atas dari 155 SMP Negeri maupun SMP Swasta se Kabupaten Wonogiri. Ini ditandai dengan kelulusan sebanyak 227 siswa Kelas 9, mencapai seratus persen. Juga perolehan nilai 10 oleh 17 siswanya, dan peraihan nilai tertinggi UN bagi 4 mata pelajaran (mapel) untuk tingkat Kabupaten Wonogiri.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Wonogiri, DrsSiswanto MPd, menyatakan, untuk kelulusan SMP/SMP Terbuka dan MTs se Kabupaten Wonogiri tahun ini, mencapai 99,93 persen. Yakni dari total murid sebanyak 13.534 siswa, yang tidak lulus hanya sembilan anak. "Total murid yang meraih nilai 10, ada 134 siswa," ujar Kepala Disdik Siswanto. Perinciannya, 129 siswa meraih nilai sempurna dari mapel matematika dan lima siswa dari mapel IPA.

Untuk rangking hasil kelulusan, peringkat pertama diduduki SMP 1 Wonogiri. Menyusul peringkat II dan III ditempati SMP 1 Sidoharjo dan SMP 1 Purwantoro. Kepala SMP 1 Wonogiri Drs Kusman MPd, berkata: "Alhamdulillah, ini merupakan prestasi yang membanggakan, meskipun status RSBI dihapuskan, tapi kami tetap mampu memberikan mutu pelayanan dengan pencapaian hasil yang terbaik."

Sebagai SMP favorit di Kabupaten Wonogiri, SMP 1 pernah menyandang predikat sebagai Sekolah Rintisan Bertaraf Internasional (RSBI) yang pertama untuk Kabupaten Wonogiri. Tapi dalam perkembangannya, status RSBI belakangan dihapuskan oleh pemerintah. Meski demikian, para guru di SMP 1 Wonogiri bertekat untuk tetap memberikan pembelajaran yang berkualitas.

Kepada para siswa peraih nilai 10 dan murid yang memiliki prestasi meraih nilai tertinggi kelulusan, akan diberi hadiah oleh pihak sekolah. Penyerahan hadiah, akan dilaksanakan Selasa (4/6) bersamaan dengan gelar upacara pelepasan dan perpisahan siswa.

Terkait dengan perolehan nilai 10 sebanyak 17 siswa dari mapel matematika, ini tidak terlepas dari kegigihan trio guru matematika SMP 1 Wonogiri. Yakni Drs H Yudo Dwi Laksminto MPd, Danik SPd MPd dan Indah Martani SPd. Ketiga guru ini, aktif memberikan tambahan pembelajaran kepada para siswanya sejak smester lima. "Tambahan belajar menghadapi UN pada jam keenol, telah kami berikan sejak Bulan September 2012," ujar Danik.

Sekolah, juga mendatangkan profesor ahli pembelajaran matematika dari UMS Surakarta, untuk memberikan pembimbingan kepada guru, melalui metode cara mudah dan menyenangkan belajar matematika. Kepada murid, diberikan drilling penggarapan soal-soal sesuai Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dengan aneka indikator dan beragam penjabarannya.

( Bambang Purnomo / CN34 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
05 September 2014 | 22:45 wib
Dibaca: 19640
image
05 September 2014 | 22:00 wib
Dibaca: 18756
05 September 2014 | 18:59 wib
Dibaca: 6282
05 September 2014 | 18:18 wib
Dibaca: 645
05 September 2014 | 17:56 wib
Dibaca: 591
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER