panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
31 Mei 2013 | 11:00 wib
Nihil Pelamar Lolos Syarat IQ, Kelas Akselerasi Ditutup

 
KARANGANYAR, suaramerdeka.com –
Karena dari 100 pendaftar kelas akselerasi SMA Negeri 1 Karanganyar tidak memenuhi syarat minimal, tahun ajaran 2013/2014 ini kelas itu ditutup. Tidak ada kelas khusus percepatan yang hanya ditempuh dalam dua tahun.

"Tahun ini tidak ada kelas akselerasi. Sebab dari syarat nilai IQ (intelegensia quotation) minimal 130, ternyata tidak satupun yang memenuhi. Paling tinggi IQ pendaftar hanya 122. Jadi akhirnya diputuskan ditutup," kata Suko Rahardjo, Humas SMA 1 Karanganyar.

Kepada Suaramerdeka.com, dia mengatakan meski RSBI sudah dibubarkan, kelas khusus memang masih boleh diteruskan. Program itu memikiliki kekhasan dan dikelola secara mandiri. Sejak lima tahun lalu, ada satu kelas khusus tersebut.

Di Solo Raya tidak banyak sekolah yang membuka kelas ini. Hanya SMA 1 Solo, SMA 3 Solo, dan SMA 1 Karanganyar. Masing masing hanya satu kelas berisi 24 siswa. Kecuali SMA 1 Solo yang menerima dua kelas.

Dari pengalaman yang ada, kelas akselerasi memang meluluskan siswa dengan kepandaian di atas rata-rata. Siswa yang diterima, selalu hampir semua diterima melalui jalur PMDK atau undangan tanpa tes di berbagai perguruan tinggi. Lainnya lulus seleksi jalur tes SNMPTN.

"Jadi sebetulnya memang bisa mewadahi siswa yang memiliki kepandaian di atas rata-rata. Mereka lulus lebih cepat karena hanya menempuh pendidikan dalam dua tahun. Setelah itu langsung kuliah. Banyak di antara mereka yang menjadi mahasiswa termuda di perguruan tinggi," kata dia.

Seleksinya khusus, selain tes potensi akademik, ada tes IQ yang diserahkan UNS. Dulu minimal IQ 125. Tetapi tahun ini minimal 130 sesuai dengan petunjuk Dinas Dikpora. Yang mendaftar 100 siswa dari berbagai SMP.

"Tetapi ternyata hasil tes IQ tidak ada yang memenuhi syarat. Yang nilai IQ-nya 122 hanya 4 siswa. Karena itu, akhirnya diputuskan tahun ini ditutup. Sebagai gantinya, kami membuka kelas immersi dan kelas ICT," kata Suko.

Kelas immersi menggunakan bahasa pengantar bilingual (Bahasa Indonesia dan Inggris). Untuk kelas ICT menggunakan fasilitas multimedia dengan porsi lebih banyak. Pihaknya menerima 3 kelas immersi dan 3 kelas ICT.

"Seleksi sudah dilaksanakan dan sudah selesai. Memang mendahului dan diperbolehkan seleksi lebih dahulu meski belum pengumuman kelulusan SMP. Sebab persyaratan menggunakan rapor dari semester I sampai V," katanya.

Sementara itu untuk kelas regional, penerimaan peserta didik baru (PPDB) akan dibuka 24 Juni mendatang, sesuai dengan edaran Dinas Dikpora.

( Joko Dwi Hastanto / CN33 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
05 September 2014 | 22:45 wib
Dibaca: 29162
image
05 September 2014 | 22:00 wib
Dibaca: 27789
05 September 2014 | 18:59 wib
Dibaca: 7689
05 September 2014 | 18:18 wib
Dibaca: 750
05 September 2014 | 17:56 wib
Dibaca: 679
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER