panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
31 Mei 2013 | 05:52 wib
DED Pasar Klewer Berpeluang Direvisi

SOLO, suaramerdeka.com - Desain bangunan Pasar Klewer yang disusun Pemkot Surakarta dimungkinkan untuk direvisi. Hal ini dilakukan menyusul rencana kaji ulang hasil studi kelayakan (feasibility study) revitalisasi Pasar Klewer, karena dianggap kurang komprehensif.

"Desain bangunan Pasar Klewer yang tertuang dalam detail engineering design (DED) itu kan dibuat berdasar kajian (studi kelayakan, Red) sebelumnya," kata Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP), Subagiyo.

Adanya gagasan kaji ulang feasibility study (FS) revitalisasi pasar yang dibangun tahun 1970-an tersebut, imbuh Subagiyo, membuat DPP merasa perlu untuk mendiskusikan kembali DED yang sudah dibuat sebelumnya. "Kami masih harus menindaklanjuti (penyesuaian DED) hal tersebut dengan berdiskusi bersama seluruh pemangku kepentingan. Termasuk akademisi, budayawan dan para pedagang," katanya.

Untuk diketahui, pemkot berencana mengkaji ulang dokumen FS karena dianggap belum menyertakan kajian sosial, ekonomi dan budaya Pasar Klewer. Adapun DED sebagai dokumen rancang bangun Pasar Klewer telah selesai disusun pada Desember 2012. Desain tersebut disusun dengan dana APBD senilai Rp 350 juta.

Dalam DED disebutkan, bangunan Pasar Klewer bakal dibangun setinggi empat lantai ditambah basement. Muka bangunan pun diubah dari semula menghadap utara menjadi menghadap timur. Desain tersebut diklaim telah menyesuaikan filosofi bangunan di sekitar kawasan Keraton Surakarta.

Lebih lanjut Subagiyo menerangkan, pihaknya belum berkomunikasi kembali dengan konsultan penyusun DED, terkait kemungkinan revisi desain tersebut. "Prinsipnya, kami menunggu kejelasan review FS terlebih dahulu," tegas dia.

( Agustinus Ariawan / CN26 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
20 April 2014 | 19:34 wib
Dibaca: 186
20 April 2014 | 19:20 wib
Dibaca: 367
20 April 2014 | 18:30 wib
Dibaca: 452
20 April 2014 | 17:55 wib
Dibaca: 422
20 April 2014 | 17:42 wib
Dibaca: 358
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER