panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
28 Mei 2013 | 07:20 wib
Agen Keluhkan Pemasangan Plastic Wrap Elpiji 3 Kg

SOLO, suaramerdeka.com - Kebijakan Pertamina yang mewajibkan agen memasang plastic wrap pada segel elpiji 3 kg dirasa memberatkan. Selain memperpanjang waktu distribusi, pemasangan tersebut dinilai ilegal.

Ketua Bidang Elpiji 3 Kg Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas), Budi Prasetyo menerangkan, plastic wrap merupakan segel tambahan berupa plastik di luar segel asli dari Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE). Pemasangan plastic wrap dilakukan oleh agen dengan mencantumkan nama dan alamat agen yang bersangkutan.

Akibatnya, agen mendapat pekerjaan ekstra sebelum mendistribusikan elpiji. Di eks Karesidenan Surakarta, baru Kabupaten Sukoharjo yang telah menerapkan kebijakan ini. Di Solo, segel tambahan belum dipasang pada elpiji 3 kg. Sebab, masih menunggu material yang sedang dipesan di Surabaya.

Selain memperlambat proses distribusi, agen juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pengadaan plastik pembungkus tersebut. "Ini juga menjadi tindakan ilegal. Menurut info yang saya dapat dari Balai Metrologi pusat, plastik seperti itu hanya boleh dipakai oleh produsen atau pembuat. Sementara kami, hanya agen, berfungsi sebagai distributor saja," katanya.

Namun Kepala Balai Metrologi Wilayah Surakarta, Wahyu Veteranto Muhammad tidak bisa mengatakan hal tersebut sebagai sesuatu yang melanggar hukum. Kewenangan Balai Metrologi hanya sebatas melakukan tera ulang terhadap alat ukur, bukan di segelnya. "Tugas kami melakukan tera ulang alat ukur yang digunakan di SPBE, tapi tidak pada segelnya," ungkap dia.

Sementara itu, External Relation Pertamina Pemasaran Jateng dan DIY, Heppy Wulansari menuturkan, pemasangan plastic wrap sebenarnya merupakan kewajiban agen yang sudah lama diberlakukan. Bahkan kewajiban tersebut tercantum dalam kontrak antara Pertamina dengan agen. Namun belum semua agen bisa melaksanakan sesuai aturan.

( Astuti Paramita / CN26 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
31 Juli 2014 | 19:14 wib
Dibaca: 106
image
31 Juli 2014 | 17:37 wib
Dibaca: 195
image
31 Juli 2014 | 16:23 wib
Dibaca: 212
31 Juli 2014 | 16:10 wib
Dibaca: 195
31 Juli 2014 | 14:10 wib
Dibaca: 212
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
11 Juli 2014 | 06:36 wib
06 Juli 2014 | 22:37 wib
FOOTER