panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
24 Mei 2013 | 00:34 wib
Redam Hura-hura, Pengumuman Kelulusan Lewat Orang Tua

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Untuk meredam kemunculan aksi hura-hura para siswa, pengumuman kelulusan untuk murid-murid SMA/MA dan SMK, tidak diberikan langsung kepada anak didik. Rencananya, akan diberikan lewat para orang tua atau wali murid, Jumat (24/5) siang, selepas ibadah Salat Jumat.

Rencananya, pengumuman hasil kelulusan untuk UN SMA/MA/SMK dan paket C, akan diumumkan serentak pada hari Jumat (24/5). Berkaitan dengan pengumuman hasil UN secara serentak ini, diserukan agar para kepala sekolah (Kasek) dan guru, mampu memberikan pengarahan kepada anak didiknya, agar tidak melakukan aksi hura-hura dalam penyambutan kelulusan.

''Tidak boleh ada hura-hura, aksi corat-coret baju dan konvoi sepeda motor di jalanan. Sekolah harus mengendalikan, dengan melakukan pengondisian secara positif kepada para murid-muridnya,'' tegas Ka Disdik Siswanto. Terlebih pada hari pengumuman kelulusan ini, waktunya bersamaan dengan hari tenang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013.

Untuk mencegah kemunculan aksi hura-hura, tandas Siswanto, pihak sekolah diserukan untuk dapat mengisi agenda kegiatan yang positif, seperti menggelar event kesenian, olahraga atau kegiatan bakti sosial. ''Baju seragam sekolah, daripada dicorat-coret, kiranya dapat dikumpulkan untuk kemudian disumbangkan kepada para murid adik kelas yang membutuhkannya,'' tegasnya.

Kepada para murid Kelas XII, diserukan untuk memanjatkan doa syukur melalui keyakinan dan agamanya masing-masing. Kegembiraan menyambut kelulusan, tidak perlu diaktualisasikan dengan menggelar konvoi sepeda motor secara demonstratif di jalanan, atau melakukan hura-hura yang dapat menimbulkan kesan negatif di masyarakat.

Aksi hura-hura, tidak akan memberikan manfaat. Lebih baik, para siswa diserukan untuk berkonsentrasi menyusun langkah menyongsong masa depannya. Seperti fokus untuk mencari perguruan tinggi sebagai kelanjutan studi, atau berupaya mencari peluang kerja atau berusaha membuat lapangan kerja sendiri.

Terkait ini, Kepala SMA 1 Wonogiri, Drs Mulyadi MT, telah melayangkan surat undangan kepada para orang tua/wali murid Kelas XII, untuk hadir di sekolah Jumat (24/5) pukul 13.00. Bersamaan itu, pihak sekolah akan melakukan penyerahan kembali atau pelepasan siswa Kelas XII tahun pelajaran 2012/2013. ''Sekaligus dimanfaatkan sebagai perpisahan,'' ujar Mulyadi yang juga menjabat sebagai Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Wonogiri.

( Bambang Purnomo / CN34 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
05 September 2014 | 22:45 wib
Dibaca: 29419
image
05 September 2014 | 22:00 wib
Dibaca: 28039
05 September 2014 | 18:59 wib
Dibaca: 7722
05 September 2014 | 18:18 wib
Dibaca: 755
05 September 2014 | 17:56 wib
Dibaca: 680
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER