panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
18 Mei 2013 | 06:40 wib
Kaji Ulang FS Klewer Libatkan Tim Ahli

SOLO, suaramerdeka.com - Pemkot Surakarta bakal melibatkan Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG) dalam merealisasikan rencana kaji ulang dokumen studi kelayakan (feasibility study) revitalisasi Pasar Klewer. Hal ini dilakukan guna menyempurnakan hasil akhir kaji ulang dokumen feasibility study (FS) itu.

"Kami melihat ada beda persepsi dalam menyikapi rencana review ini. Dokumen tersebut akan di-review dari beberapa aspek, misalnya tingkat kedalaman kajian atau kelayakannya, untuk menyempurnakannya," ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Agus Djoko Witiarso.

Agus menegaskan, kajian tersebut nantinya bakal menguatkan alasan pemkot dalam mewacanakan revitalisasi Pasar Klewer, sejak beberapa tahun terakhir. "Dari aspek kekuatan bangunan misalnya, TABG dari Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) bakal meneliti, apakah benar terjadi penurunan kualitas fisik bangunan seperti yang tertuang dalam FS," katanya.

Rencana kaji ulang FS revitalisasi Pasar Klewer ini sempat memicu polemik di kalangan DRPD, pedagang dan pemerhati pasar tradisional. Sebagian anggota DPRD dan pedagang menilai, kaji ulang tersebut tidak perlu dilakukan. Pasalnya, tahapan pra-revitalisasi sudah menyelesaikan penyusunan FS dan detail engineering design (DED) pada 2012.

Adapun sebagian anggota DPRD lain, pedagang dan pemerhati pasar tradisional berpendapat, kaji ulang itu diperlukan karena kajian FS dinilai tidak memenuhi aspirasi pedagang. Kajian FS itu sendiri dipublikasikan pada September tahun lalu.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Suharto menilai, polemik seputar rencana kaji ulang FS tersebut sebagai suatu hal yang wajar. "Lebih baik memang geger di depan daripada ramai di belakang. Meski demikian, kami harap aspirasi-aspirasi ini tidak sampai menghalangi niat pemkot dalam merevitalisasi Pasar Klewer," tegas dia.

( Agustinus Ariawan / CN26 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
05 September 2014 | 22:45 wib
Dibaca: 21200
image
05 September 2014 | 22:00 wib
Dibaca: 20366
05 September 2014 | 18:59 wib
Dibaca: 6552
05 September 2014 | 18:18 wib
Dibaca: 674
05 September 2014 | 17:56 wib
Dibaca: 610
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER