panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
07 Mei 2013 | 06:22 wib
Dana BOS MI Belum Cair, Sekolah Terpaksa Ngutang


KLATEN, suaramerdeka.com -
Belum cairnya dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) di bawah naungan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Klaten, menyebabkan operasional sekolah menjadi terhambat dan honor guru wiyata bakti (WB) yang dibiayai dana BOS belum dibayar. Bahkan, sebuah MI di Kecamatan Ceper terpaksa meminjam uang untuk operasional sekolah dan pelaksanaan ujian nasional (UN).

Awalnya biaya operasional sekolah, ditalangi guru yang mampu. Namun belakangan ini hal itu tidak bisa lagi. Akhirnya, sekolah mencari pinjaman uang ke sebuah BMT agar bisa menggelar UN SD/MI yang diselenggarakan mulai Senin (6/5). Rencananya, pinjaman tersebut akan dikembalikan setelah dana BOS cair.

Masalah itu mendapat perhatian dari anggota DPRD Klaten. Wakil Ketua Komisi IV DPRD Klaten Nurcholis Madjid meminta Kemenag agar segera mencari solusi pada kasus kelambatan pencairan dana BOS, karena hal itu tanggung jawab Kemenag. ''Kelambatan itu akan mempengaruhi kegiatan belajar mengajar,'' tegas dia.

Dihubungi terpisah, Kepala Kementrian Agama Klaten Drs H Mustari MPdI membenarkan dana BOS Klaten yang masuk dalam daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) Kemenag Jawa Tengah memang belum cair, karena ada beberapa persyaratan yang belum dipenuhi.

''Anggaran dalam DIPA masih banyak yang dibintang (belum lengkap) sehingga belum bisa cair. Tak hanya dana BOS, tapi dana kegiatan lain dan pengadaan mobil juga belum cair. Pencairannya menunggu koordinasi antara Kemenag, Kementrian Keuangan dan DPR RI,'' kata Mustari.

Keterlambatan tersebut membantu sejumlah kegiatan yang sudah direncanakan menjadi tertunda. Hanya gaji dan tunjangan sertifikasi yang melekat pada gaji yang tidak ditunda. Dia sangat memahami kesulitan pihak sekolah dan guru WB yang mengandalkan dana BOS. Dia berharap, dana bisa cair sebelum akhir Mei.

( Merawati Sunantri / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
24 April 2014 | 17:51 wib
Dibaca: 562
24 April 2014 | 17:03 wib
Dibaca: 378
24 April 2014 | 15:16 wib
Dibaca: 690
24 April 2014 | 14:58 wib
Dibaca: 450
24 April 2014 | 14:40 wib
Dibaca: 396
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER