panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
02 Mei 2013 | 14:05 wib
Wonogiri Kekurangan 2.500 Tenaga Pendidik
image

HADIAH MOTOR: Wakil Bupati Yuli Handoko (kiri) menyerahkan duplikat kunci untuk menandai penyerahan hadiah dua sepeda motor, kepada guru berdedikasi dan berprestasi. (suaramerdeka.com/ Bambang Purnomo)

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Kabupaten Wonogiri, saat ini mengalami kekurangan tenaga pendidik sebanyak 2.500 orang guru.

"Utamanya untuk guru Sekolah Dasar (SD), dan di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP)," tegas Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Drs Siswanto MPd, Kamis (2/5).

Penegasannya ini disampaikannya usai menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2013, di alun-alun Giri Kridha Bhakti Wonogiri.

Meski kekurangan 2.500 guru, tapi pemerintah kabupaten tidak dapat langsung mengangkat guru baru karena terkendala moratorium pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Kalau roda pendidikan sekarang dapat berjalan, itu karena banyak dibantu oleh rekan-rekan para guru muda yang berwiyata bhakti (WB) di sekolah-sekolah," ujarnya.

Total pendidik di Wonogiri, saat ini mencapai sekitar 8 ribu orang, atau mendominasi sekitar 61,5 persen dari total pegawai Wonogiri yang jumlahnya mencapai sekitar 13.000 orang.

Bersamaan dengan gelar upacara peringatan Hardiknas, ada dua orang guru yang berdedikasi tinggi dan berprestasi, mendapatkan hadiah dua sepeda motor dan Bank BRI.

Keduanya adalah Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) 'Mulat Sariro' Supardjo SPd, yang meraih prestasi juara III lomba guru tingkat nasional, dan Sudarno guru yang bertugas di daerah terpencil, yakni di SD 1 Hargosari Kecamatan Tirtomoyo.

Penyerahannya dilakukan oleh Wakil Bupati Wonogiri, Yuli Handoko SE, selaku pembina upacara Hardiknas, dengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri Drs Siswanto MPd. Bersamaan itu, juga diserahkan berbagai hadiah kejuaraan bagi para siswa, guru, dan kepala sekolah (kasek) yang berprestasi.

Peringatan Hardiknas tahun 2013 ini, mengambil tema "Meningkatkan kualitas pendidikan dan akses secara berkeadilan."

Dalam memperingati Hardiknas, keluarga besar Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan (Disdik) Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, menggelar gerak jalan sehat massal dan pertandingan olahraga. Yakni badminton, sepak bola antargugus dan pingpong.

( Bambang Purnomo / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
02 Agustus 2014 | 11:34 wib
Dibaca: 180
02 Agustus 2014 | 11:19 wib
Dibaca: 214
02 Agustus 2014 | 08:26 wib
Dibaca: 187
02 Agustus 2014 | 07:38 wib
Dibaca: 209
02 Agustus 2014 | 06:50 wib
Dibaca: 243
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER