panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
30 April 2013 | 08:11 wib
Banleg DPRD Solo Susun Raperda Penanggulangan Bencana


SOLO, suaramerdeka.com -
Badan Legislasi (Banleg) DPRD Surakarta menyiapkan draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Daerah. Jika raperda itu disetujui, akan menjadi pijakan operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), yang pembentukannya masih menunggu usulan dari eksekutif.

Ketua Banleg Asih Sunjoto Putro mengatakan, penyusunan raperda tersebut merupakan inisiatif DPRD. Naskah akademik sudah siap, sehingga raperda bisa segera dibahas.

"Untuk penyusunan raperdanya, Banleg telah melakukan dengar pendapat dengan masyarakat. Kami juga berkoordinasi dengan eksekutif, selaku pihak yang akan mengusulkan pembentukan BPBD. Sebab antara raperda ini dan BPBD saling terkait," katanya.

Untuk pembentukan BPBD, nantinya eksekutif mengajukan revisi Perda Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK). Revisi diperlukan untuk memasukkan BPBD sebagai struktur kerja yang baru di lingkungan Pemkot. "Proses penyampaian Raperda Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Daerah dan revisi Perda SOTK, nanti bisa dilakukan bareng," ujar Asih.

Dijelaskannya, DPRD berinisiatif mengajukan raperda tersebut karena menilai, penanganan bencana di Solo melalui koordinasi lintas dinas belum maksimal. Kondisinya akan berbeda, jika ada badan khusus yang menangani permasalahan bencana di Kota Bengawan.

Pembentukan BPBD juga terkait dengan kucuran anggaran dari pemerintah pusat. Tanpa BPBD, anggaran pusat untuk penanganan bencana tidak bisa dicairkan.

Asih berharap, pembahasan Raperda Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Daerah dan revisi Perda SOTK bisa rampung tahun ini.

Wakil Ketua DPRD Supriyanto menambahkan, DPRD bertugas menyiapkan perda yang akan menjadi instrumen pelengkap tugas BPBD. “Kami berharap pembahasan raperda ini bisa selesai dalam waktu enam bulan. Kalau revisi Perda SOTK, mungkin bisa kelar tiga bulan. Kalau revisi perda selesai dan BPBD segera terbentuk dan diikuti selesainya pembahasan raperda, berarti BPBD bisa jalan tahun ini,”  imbuhnya.

( Irfan Salafudin / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
25 Juli 2014 | 10:20 wib
Dibaca: 101
25 Juli 2014 | 09:00 wib
Dibaca: 207
25 Juli 2014 | 08:40 wib
Dibaca: 268
25 Juli 2014 | 08:20 wib
Dibaca: 206
25 Juli 2014 | 08:00 wib
Dibaca: 191
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
11 Juli 2014 | 06:36 wib
06 Juli 2014 | 22:37 wib
12 Juli 2014 | 08:40 wib
FOOTER