panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
26 April 2013 | 15:45 wib
PT KAI Tambah Dua KRD Baru di Jalur Solo-Kutoarjo

PURWOREJO, suaramerdeka.com - Dua kereta api (KA) Komuter jenis kereta rel diesel (KRD) AC akan ditambahkan untuk jalur kereta api Solo-Kutoarjo. Tambahan dua kereta itu akan mulai dioperasikan oleh PT KAI bulan depan setelah sertifikat laik jalan dari Dirjen Perkeretapian Kemenhub turun.

Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Sri Winarto yang dimintai konfirmasi wartawan menjelaskan, dua KRD itu akan digunakan untuk menambah jam perjalanan dari dua belas jam yang masih kosong karena kereta Prambanan Ekspres (Pramek) mengalami kecelakaan beberapa waktu yang lalu.

Winarto menyebutkan, dua set KRD AC itu diperoleh dari DAOP I, di mana masing-masing set terdiri dari empat kereta. Masing-masing kereta mampu mengangkut 46 penumpang; sehingga satu rangkaian dapat mengangkut total 184 penumpang.

"Keretanya dilengkapi; dan setting tempat duduknya memang bagus sehingga mirip kelas eksekutif. Saat ini rangkaian disimpan di Solo sambil menunggu sertifikasi laik jalan. Kalau sertifikatnya sudah turun akan segera dioperasikan," katanya.

Lebih lanjut diungkapkan, dua KRD itu memang diproyeksikan untuk untuk mengisi jam kosong paska berkurangnya armada setelah kecelakaan yang dialami KA Prameks beberapa waktu yang lalu.

Dengan demikian nantinya ada 20 kali perjalanan Pergi-Pulang (PP) KA Komuter di Daop VI, termasuk juga yang sampai di  Kutoarjo.

Disinggung apakah dua set KRD tersebut akan menjadi armada tambahan untuk KA Sriwedari, Sri Winarto belum bisa memastikan. Namun hal itu sangat dimungkinkan mengingat KRD baru tersebut memiliki fasilitas AC.

"Yang jelas, dua set tersebut akan menjadi armada tambahan untuk KA lokal Solo-Yogyakarta-Kutoarjo," jelasnya.

( Nur Kholiq / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
05 September 2014 | 22:45 wib
Dibaca: 11364
image
05 September 2014 | 22:00 wib
Dibaca: 10480
05 September 2014 | 18:59 wib
Dibaca: 4771
05 September 2014 | 18:18 wib
Dibaca: 558
05 September 2014 | 17:56 wib
Dibaca: 503
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER