panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
17 Maret 2013 | 16:58 wib
Enam Siswa Solo ke OSN Jateng

SOLO, suaramerdeka.com - Enam siswa SD di Solo berhasil menyingkirkan puluhan pesaingnya dan menjadi wakil Kota Surakarta untuk maju pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Ke enam siswa itu berhasil dalam OSN tingkat Kota Surakarta pada mata uji Matematika dan IPA yang digelar di SD Mojo 1, 2 dan 3 Pasarkliwon. Adapun OSN Tingkat Provinsi akan digelar pada Jumat (22/3).

"Juara I OSN tingkat Kota Solo pada mata uji Matematika diraih Angwyn Noor Aini dari SDN Cemara Dua, juara II diraih oleh Shafina Aulia Kusuma Putri dari SD Takmirul Islam, juara III diraih M Abdul Aziz dari SD Islam International Al Abidin," jelas Kepala UPT Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kecamatan Pasarkliwon, Sunaryo.

Adapun juara I OSN tingkat Kota Solo mata uji IPA diraih Azizah Putri Anjani (SDN Cemara Dua), juara II M Hafidz D dari (SDN Manahan) dan juara III diraih oleh Syalom Gita (SD Kristen Manahan).

Sunaryo mengatakan, OSN tingkat Kota Solo masing-masing diikuti 40 siswa untuk mata uji Matematika dan IPA. Hasil lomba memang langsung diumumkan. Meski soal yang dikerjakan siswa berasal dari panitia OSN tingkat Provinsi Jateng, namun koreksi jawaban dilakukan sendiri oleh panitia OSN tingkat Kota Solo.

"Kami berharap wakil Kota Surakarta bisa mempertahankan prestasi tahun sebelumnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) dan Anak Usia Dini (AUD) Disdikpora, Supraptiningsih mengungkapkan, OSN tingkat Kota itu digelar secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Jateng. Pada OSN tingkat Kota masing-masing kecamatan mengirimkan delapan siswa untuk mata uji Matematika dan delapan siswa pada mata uji IPA.

Sebagai diri pribadi dia berharap Kota Solo bisa menjadi wakil Indonesia pada OSN tingkat internasional. Tahun sebelumnya, dua siswa dari Kota Solo berhasil maju pada OSN tingkat Internasional di Korea Selatan. Namun dia tidak membebankan target tertentu kepada enam siswa yang menjadi wakil Kota Solo tahun ini.

Semangat dalam mengikuti lomba, menurutnya, lebih penting daripada membebani siswa dengan capaian prestasi yang harus diraih. "Untuk menghadapi OSN tingkat Provinsi Jateng kami akan ikut memberikan pendampingan. Nantinya, dari pihak sekolah juga akan terus melatih siswa dengan bekerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS)," katanya.

( Evie Kusnindya / CN31 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
05 September 2014 | 22:45 wib
Dibaca: 21185
image
05 September 2014 | 22:00 wib
Dibaca: 20350
05 September 2014 | 18:59 wib
Dibaca: 6548
05 September 2014 | 18:18 wib
Dibaca: 673
05 September 2014 | 17:56 wib
Dibaca: 610
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER