panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
13 Februari 2013 | 15:46 wib
Persiapan Pilgub, Dalmas Gelar Latihan
image

COBA KEKUATAN: Kasat Sabhara AKP Weldy Rozika mencoba kekuatan formasi anggota dalmas dalam simulasi pengamanan massa. (suaramerdeka.com/Joko Dwi Hastanto)

KARANGANYAR, suaramerdeka.com – Satuan pengendali massa (dalmas) Sabhara Polres Karanganyar menggelar simulasi pengamanan massa di halaman Mapolres Karanganyar Rabu (13/2) siang.

Kasat Sabhara Polres Karanganyar AKP Weldi Rozika mengatakan, simulasi ini digelar untuk mengantisipasi pengamanan massa untuk serangkaian agenda pesta demokrasi yang akan digelar beberapa bulan lagi.

"Yang terdekat akan digelar pemilihan gubernur (pilgub) Juni mendatang. Namun untuk pemanasan, bulan ini sudah harus diterjunkan untuk pengamanan pemilihan kepala desa (pilkades) tahap II yang digelar pada 21 Februari," jelasnya.

Setelah itu, pada September akan ada pemilihan bupati. Bahkan kemudian langsung bersambungan dengan rangkaian pemilihan anggota legislative dan pemilihan presiden pada pesta demokrasi paling akbar, April 2014.

"Karena itu mulai sekarang, rangkaian latihan sudah digelar secara intensif. Berbagai sistem pengamanan massa, dari tingkatan yang paling ringan hingga kemungkinan terjadinya aksi anarkhi dan kekerasan, sudah harus bisa diantisipasi."

Dalam pelatihan tersebut, sekitar 250 personil dilibatkan memperagakan beberapa pelatihan kesigapan. Seperti latihan di tempat maupun latihan formasi. Misalnya beberapa formasi, dari bersap, parolembang hingga banjar tiga dengan menggunakan perangkat lengkap, seperti helm, tameng dan tongkat.

Kapolres Karanganyar AKBP Nazirwan Adjie Wibowo menuturkan, untuk pengamanan massa bagi serangkaian agenda pesta demokrasi nanti, pihaknya akan lebih melibatkan anggota dalmas dari berbagai satuan sebagai ujung tombak.

"Tidak hanya dari satuan dalmas inti, namun juga dalmas rayon dan kerangka. Dalmas rayon terdiri dari perwakilan personil polsek dan dalmas kerangka terdiri dari seluruh staf polres. Karena itu  untuk pengamanan massa, akan diterjunkan dalmas rayon dan kerangka terlebih dahulu, sebelum akhirnya menerjunkan dalmas inti dari Sabhara Polres Karanganyar," katanya.

Meski mengintensifkan persiapan pengamanan massa di lapangan, untuk setiap gelaran pesta demokrasi, polisi tetap mengedepankan upaya dialog. Pengamanan massa dilakukan dengan model pencegahan bertingkat sesuai dengan situasi yang dihadapi.

"Jika huru-hara yang terjadi sudah di luar batas kewajaran, kami sudah tahu apa yang harus dilakukan. Tentu polisi tidak segan-segan bertindak tegas," tandasnya.

( Joko Dwi Hastanto / CN31 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
05 September 2014 | 22:45 wib
Dibaca: 20624
image
05 September 2014 | 22:00 wib
Dibaca: 19775
05 September 2014 | 18:59 wib
Dibaca: 6451
05 September 2014 | 18:18 wib
Dibaca: 666
05 September 2014 | 17:56 wib
Dibaca: 603
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER