panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
06 Januari 2013 | 05:35 wib
Pilkades Karanganyar, Serentak di 91 Desa

KARANGANYAR, suaramerdeka.com - Sebanyak 91 desa yang akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) tahap II diberi anggaran Rp 20 juta dari Pemkab Karanganyar. Pilkades tahap kedua akan digelar pada Kamis 21 Februari mendatang. Di luar pilkades tahap kedua, ada pula empat desa di tiga kecamatan, yang juga menggelar pilkades di tahun 2013.

Empat desa itu adalah Desa Gajahan Kecamatan Colomadu, Desa Karangpandan Kecamatan Karangpandan, Desa Gebyog Kecamatan Mojogedang dan Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso. Empat desa tersebut akan menggelar pilkades pada bulan April, Juli dan November 2013.

"Untuk anggaran pilkades memang semua dibuat sama dan tidak membedakan desa yang besar atau kecil, karena memang baru sebatas itu kemampuan anggaran pemkab," terang Kepala Bagian Pemerintahan Desa dan Kelurahan (Pemdeskel) Setda Kabupaten Karanganyar Sunarno tatkala ditemui kemarin.

Padahal menurutnya, sesungguhnya kebutuhan biaya dari setiap desa untuk menggelar pilkades pasti tidak sama. Karena ada desa yang penduduknya banyak dan ada yang sedikit.

Sunarno mengemukakan, pendaftaran calon kepala desa untuk tahap kedua telah ditutup Kamis (3/1) lalu. Setelah itu tahapannya dilanjutkan penyusunan daftar pemilih dan kemudian penetapan daftar pemilih tetap (DPT).Diharapkan pelaksanaannya juga bisa berlangsung lancar, aman dan damai, seperti pada pelaksanaan tahap pertama 21 Desember lalu.

Dia menandaskan, untuk pilkades memang bisa tetap digelar meski hanya ada satu calon saja, yang nanti akan melawan kotak kosong. Sebab hal itu memang ada dasar hukumnya, yakni peraturan daerah. Pada tahap pertama yang digelar di 55 desa, 17 diantaranya menang melawan kotak kosong. Untuk memenangi pilkades, lanjut Sunarno, calon kepala desa yang bertanding melawan kotak kosong harus bisa unggul 50% plus satu suara, dari total suara sah.

( Basuni Hariwoto / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
05 September 2014 | 22:45 wib
Dibaca: 8278
image
05 September 2014 | 22:00 wib
Dibaca: 7737
05 September 2014 | 18:59 wib
Dibaca: 3995
05 September 2014 | 18:18 wib
Dibaca: 525
05 September 2014 | 17:56 wib
Dibaca: 474
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER