panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
02 September 2013 | 21:55 wib
Undip Kehilangan Prof Soetandyo Wignyosoebroto


SEMARANG, suaramerdeka.com -
Guru besar emiritus Unair Surabaya, Profesor Soetandyo Wignyosoebroto meninggal dunia pada usia 81 tahun, di Kota Semarang Senin (2/9).

Kenangan mendalam dikemukakan sejumlah orang orang yang pernah dekat dengan guru besar yang namanya disebut sebut sekelas Prof Satjipto Rahardjo dari Undip ini.

"Beliau adalah pakar hukum yang mumpuni. Beberapa tahun terakhir namanya sangat lekat di hati mahasiswa Undip karena mengajar sebagai guru besar di magister dan program doktor ilmu hukum Undip," tutur Rektor Undip Prof Sudharto HP MES PhD.

Guru besar FISIP Undip ini menilai almarhum adalah ilmuwan yang penuh totalitas. Hingga akhir hayat dirinya masih merelakan waktu berbagi ilmu dengan mahasiswanya.

Selain pernah meraih penghargaan sebagai Pejuang Hak Asasi Manusia (HAM) berupa Yap Thiam Hien Award, mendiang adalah pejuang HAM. Guru besar yang terkenal dengan banyak teori sosiologinya itu merupakan perintis berdirinya Komnas HAM.

Dekan Fakultas Hukum Undip Prof Dr Yos Johan Utama dan Ketua Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) Undip, Prof FX Adji Samekto merasakan kehilangan atas wafatnya Soetandyo.

Selama beberapa tahun mengajar di Undip, guru besar yang satu ini lumayan gemati (penuh pengertian) kepada mahasiswa. Gaya bicaranya sopan tak pernah menyakiti siapapun.

Kendati demikian meski sudah sepuh semangat keilmuwannya tak pernah sirna kritis terhadap berbagai kondisi terakhir bangsa.

"Kami merasa kehilangan dengan kepergian Prof Soetandyo. Dia, akademisi yang pantas diteladani semua pihak," tutur Prof Adji Samekto.

Sementara itu dosen senior Undip Dr Endang Larasati, mengemukakan sebelum dirawat di RS suaminya mengalami keluhan seperti syaraf terjepit. Dia kemudian dirujuk ke RS namun kondisinya belum juga kunjung membaik.

Sampai akhirnya Prof Soetandyo meninggal dunia pada Senin pagi. Jenasahnya kemudian dibawa pulang ke peristirahatan terakhir di Jepara.

( Hari Santoso / CN33 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 14843
05 September 2014 | 22:15 wib
Dibaca: 7854
05 September 2014 | 21:15 wib
Dibaca: 4247
image
05 September 2014 | 19:45 wib
Dibaca: 4571
image
05 September 2014 | 18:32 wib
Dibaca: 1347
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER