panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
08 Juli 2013 | 16:55 wib
Kurikulum 2013, Pendidikan Bahasa Arab Diusulkan Tiga Jam

DEMAK, suaramerdeka.com - Pendidikan Bahasa Arab di Madrasah pada Kurikulum 2013 diwacanakan akan ditambah dari dua jam menjadi tiga jam. Sedangkan Pendidikan Agama Islam dipecah menjadi empat kelompok, meliputi ilmu Alquran dan Hadist, ilmu fikih, ilmu akidah dan akhlak serta ilmu sejarah kebudayaan Islam (SKI).

"Masing-masing kelompok ilmu PAI ini diwacakan akan diajarkan ke siswa selama dua jam," ujar Kasi Kurikulum, Supervisi, dan Evaluasi Kanwil Kemenag Jateng, Dr H Nur Abadi MPd saat sosialisasi Kurikulum 2013, Senin (8/7), di MTs NU.

Sosialisasi yang digelaar LP Ma’arif NU Demak ini diikuti kepala MI, MTs dan MA. Kegiatan itu dihadiri Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jateng Drs H Jamun Effendi MPdI, Kepala Kemenag Demak Drs H Farikhin MPdI dan Ketua LP Ma’arif NU Cabang Demak Drs H Sa’dullah MAg.

Dijelaskannya, pelaksanaan Kurikulum 2013 tersebut diberlakukan mulai 2014. Terdapat perubahan yang revolusioner pada Kurikulum 2013 dibanding dengan kurikulum-kurikulum sebelumnya.

Kurikulum 2013, menurutnya, lebih menekankan pada aspek pembentukan karakter atau akhlakul karimah. Pendidikan karakter sendiri harus dimulai sejak dini atau di tingkat madrasah ibtidaiyah.

Adapun PAI sebagai basis pendidikan karakter bangsa dan pengenalan diri. Pada Kurikulum 2013 ini semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan dan pengetahuan siswa.

"Kurikulum 2013 memberikan kesempatan yang lebih besar bagi guru atau satuan pendidikan untuk meningkatkan efektivitas waktu pembelajaran," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala MTs Mutih Kulon, Akhmad Thoifin merespon positif terkait wacana pengajaran bahasa arab yang ditambah menjadi tiga jam. Madrasah merupakan satuan pendidikan berbasis agama, lanjutnya, sudah sewajarnya pengajaran bahasa arab sama dengan mata pelajaran bahasa asing lainnya.

"Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia saja diajarkan minimal empat jam. Kami sepakat bahasa Arab diajarkan selama tiga jam," ungkapnya.

( Hartatik / CN31 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
16 April 2014 | 23:43 wib
Dibaca: 513
16 April 2014 | 23:13 wib
Dibaca: 546
16 April 2014 | 22:43 wib
Dibaca: 521
16 April 2014 | 22:28 wib
Dibaca: 462
16 April 2014 | 22:00 wib
Suap Hakim Tipikor Semarang
Pragsono Ajukan Banding
Dibaca: 357
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER