panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
16 Juni 2013 | 21:42 wib
Pendidikan Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas

SEMARANG, suaramerdeka.com - Progam Pendididikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan sejak usia dini, agar anak menjadi sehat dan cerdas. Setelah dewasa membentuk keluarga harmonis. Dari keluarga harmonis diharapkan masyarakat akan  damai dan sejahtera.

"Langkah ini menjadi landasan pembangunan pemerintah sebagai upaya menjadikan Indonesia Emas tahun 2045.", kata Sutarno, S Pd, kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Gajahmungkur dalam sambutan, ketika PAUD Puspitasari memperingati ulang tahun ke-2 dan Lansia Sehat Sejahtera ke-8. Berlangsung pada Minggu (16 /6) siang di Lapangan Tengah RW III Perumnas Sampangan

Jika perayaan ulang tahun kelahiran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Lanjut Usia (Lansia) dibersamakan, muncullah serangkaian makna mocopat, tembang Jawa, yang penuh dengan filosofis. Tingginya kebudayaan Indonesia antara lain terkandung dari Mocopat yang merupakan gambaran kehidupan dari anak sampai lanjut usia, bahkan saat ajal.

Pertama tembang Maskumambang lambang anak masih dalam kandungan, kemudian Mijil anak dilahirkan, sampai Sinom ketika anak masih usia dini perlu pendidikan yang memadai.

Berlanjut Asmorodono (saat remaja mulai mempunyai gambaran hidup), Gambuh (berlabuh, sudah sampai tujuan, berumahtangga dan saling tenggang rasa,) Dandanggula (semua tertata,) Durma (saat berbagi sampai haji untuk yang beragama Islam), Pangkur(saat orang mulai berpaling dari duniawi), Megatruh (saat ruh meninggalkan jasad) sampai Pocung yaitu siap masuk liang lahat setelah dipocong atau mengenakan kain kafan.

Selain tarian dan beberapa atraksi  yang dimainkan oleh anak-anak PAUD, disaksikan lurah Sampangan Bambang Sri Wobowo, S Sos, juga diperkenalkan Mars Lansia.

Menurut ketua RW Budi Susatyo SH, ibu-ibu dari Puspitasari yang dikoordinasi oleh Dra Atiek BS, mewakili Kecamatan Gajahmungkur menjadi juara I dalam lomba Mars Pos PAUD tingkat kodia beberapa waktu lalu.  Klub jantung sehat Sampangan Indah juga menjadi juara I Senam Lansia, mewakili kecamatan Gajahmungkur.

( Rifki / CN34 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
23 Juli 2014 | 00:02 wib
Dibaca: 70
22 Juli 2014 | 23:25 wib
Dibaca: 230
22 Juli 2014 | 23:05 wib
Dibaca: 119
22 Juli 2014 | 22:20 wib
Dibaca: 271
image
22 Juli 2014 | 21:40 wib
Dibaca: 193
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER