panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
23 Mei 2013 | 22:27 wib
Sudijono: Perbaiki Moral Melalui Buku
image

LAUNCHING BUKU: Mantan Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo menyerahkan buku pada Plt Sekda Jateng Sri Puryono, wartawan Suara Merdeka Anggun Puspita, Kamis (23/5). (suaramerdeka.com / Hanung Soekendro)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Hilang materi tak mengapa, namun hilang atau rusaknya moral akan memberikan dampak luar biasa. Memperbaikinya pun butuh waktu yang lama dan tidak mudah.

Kekhawatiran inilah yang mendasari mantan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sudijono Sastroatmodjo menulis dua bukunya berjudul 'Sing Diomongke Dilakoni' dan 'Konservasi Moral'.

Kedua buku yang dicetak oleh Unnes Press tersebut dilaunching di Toko Buku Gramedia Pandanaran Kota Semarang, Kamis (23/5). Launching dan diskusi yang diselenggarakan oleh Unnes tersebut dihadiri Plt Sekda Jateng Sri Puryono, Rektor IKIP PGRI Semarang Dr Muhdi, Plt Rektor Unnes Dr Agus Wahyudin, mahasiswa dan masyarakat.

Sudijono yang hadir menjadi pembicara menjelaskan rencana penulisan buku tersbeut sudah ada semenjak tahun 2006. Yakni tahun pertama dirinya menjabat sebagai rektor Unnes.

"Ada kegalauan diri saya pada peran perguruan tinggi yang belum optimal. Buku Sing Diomongke Dilakon merupakan catatan perbuatan dan omongan saya. Untuk penyusunanya baru dilakukan pada 2012," kata Sudijono yang menjadi cawagub berpasangan dengan Cagub Bibit Waluyo.

Sejauh ini peran perguruan tinggi masih terfokus pada kemampuan akademik. Belum melihat pada kenyataan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Masalah yang utama, lanjutnya adalah moral yang semakin terdegradasi.

Perguruan tinggi diharapkan tidak hanya sekedar membuat teori namun ikut memberikan solusi riil untuk mengatasi permasalahan. Satunya kata dan perbuatan akan menjadi langkah awal kejujuran setiap manusia. Terlebih lagi saat seseorang menjadi pejabat publik yang dicontoh oleh masyarakatnya.

"Oleh karenanya harus dimunculkan konservasi moral. Untuk membenahi permasalahan ini," lanjut pria yang berprinsip Sudijono hari kemarin sama dengan hari ini dan esok.

Agus Wahyudin memberikan apresiasi tinggi pada peluncuran dua buku tersebut.

"Apa yang ditulis dalam buku ini sama dengan apa yang dilakukan oleh beliau. Buku ini bisa bermanfaat untuk membenahi moral," kata Agus.

Pada kesempatan itu turut dilakukan penyerahan buku secara simbolik pada Plt Sekda, wartawan dan masyarakat. Seusai acara, Unnes juga membagikan buku pada masyarakat. Sudijono pun melayani permintaan penandatangan buku yang ia tulis.

( Hanung Soekendro / CN37 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
image
24 Juli 2014 | 13:28 wib
Dibaca: 256
24 Juli 2014 | 12:00 wib
Dibaca: 221
24 Juli 2014 | 11:18 wib
Dibaca: 279
24 Juli 2014 | 10:58 wib
Dibaca: 281
24 Juli 2014 | 09:21 wib
Dibaca: 254
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER