panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
03 Mei 2013 | 06:17 wib
Bantuan Pugar Rp 1,54 Miliar Dikucurkan

DEMAK, suaramerdeka.com - Alokasi bantuan dana program pemberdayaan usaha garam rakyat (Pugar) untuk petani garam meningkat dari Rp 1,38 miliar menjadi Rp 1,54 miliar pada tahun ini. Bantuan tersebut akan diberikan kepada 60 kelompok petani garam dalam bentuk bantuan langsung masyarakat (BLM).

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Demak, Heru Budiono menyatakan, dana Pugar ini dikucurkan dalam dua bentuk bantuan yakni berupa BLM dan kegiatan kedinasan seperti sosialisasi hingga lokakarya. BLM disalurkan melalui kelompok di mana masing-masing akan menerima Rp 16 juta.

"Tiap kelompok penerima manfaat terdiri atas 10 orang anggota. Mereka harus mengajukan proposal rencana usaha bersama, seperti pengadaan sarana prasarana terkait kegiatan produksi garam,’’ katanya, Kamis (2/5), usai sosialisasi Pugar 2013.

Para kelompok juga bisa memanfaatkan dana bantuan tersebut  untuk membuat gudang garam. Gudang ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan garam hasil panen petani tambak, sehingga nantinya bisa dilepas pada saat harga garam tinggi.

Menurutnya, momentum penyaluran dana bantuan program tersebut sudaah tepat. Pasalnya, saat ini petani garam tengah mempersiapkan meja garam guna kebutuhan kristalisasi.

Panen diprediksi berlangsung antara pertengahan Juli sampai November. Dia berharap dana bantuan Pugar ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas, produksi dan pendapatan petani garam. Dari lahan produksi garam seluas 1.335 hektare, ditargetkan bisa menghasilkan 66.000 ton/tahun.

"Hasil produksi garam dari Demak dikirim sampai ke Rembang dan Madura. Namun sayangnya, aksi tengkulak nakal membuat harga garam disamakan meski memiliki kualitas yang berbeda," katanya.

( Hartatik / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
17 April 2014 | 07:22 wib
Dibaca: 304
17 April 2014 | 06:55 wib
Dibaca: 247
17 April 2014 | 06:45 wib
Dibaca: 218
17 April 2014 | 05:31 wib
Dibaca: 314
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER