panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
30 April 2013 | 20:30 wib
PLN-Polda Jateng Tertibkan Pemakaian Listrik
image

KERJA SAMA: Kepala Biro Operasi Polda Jateng, Subandi bersama Manager Komunikasi Hukum dan Administrasi PT PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIY, Mirza Arsyad, Semarang, Selasa (30/4). (suaramerdeka.com / Fista Novianti)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Menghadapi maraknya kasus pencurian maupun pelanggaran listrik, PT PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIY sepakat bekerja sama dengan Polda Jateng.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Kepala Biro Operasi Polda Jateng, Subandi dan Manager Komunikasi Hukum dan Administrasi PT PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIY, Mirza Arsyad di Hotel Patra Jasa Semarang, Selasa (30/4).

Pada kegiatan tersebut, dihadiri pula 35 Kasat Serse Jateng dan beberapa manager PLN area Jateng. Subandi menuturkan, kasus pelanggaran listrik yang selama ini banyak terjadi di Indonesia sangatlah merugikan.

Diharapkan melalui kerja sama ini akan terjadi peningkatan penyelenggaraan pengamanan, koordinasi serta penindakan hal-hal yang berkaitan dengan aset, instalasi dan operasional ketenagalistrikan yang dimiliki PLN (Persero) Distribusi Jateng, baik dalam pembangunan maupun pengoperasiannya.

''Kami bersama PLN segera melakukan pengecekan-pengecekan terhadap pelanggaran baik itu industri maupun masyarakat kecil. Bagi pelanggar terkait penyelenggaraan ketenagalistrikan ini, bisa diterapkan sanksi berupa denda administrasi maupun pidana,'' katanya.

Kerja sama ini, kata Subandi, menindaklanjuti dari Kapolri dan PLN pusat. Pihaknya berjanji akan membantu maksimal pengamanan penyelenggaraan Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL).

Misalnya, dari PLN meminta ada pengamanan untuk gulungan kabel yang akan dipasang untuk menghindari pencurian oleh pihak-pihak tertentu. Selain itu, aparat kepolisian ikut serta menindaklanjuti pelanggaran dari pelanggan PLN yang tidak tertib atas laporan dari PLN.

Mirza menambahkan, banyak aset PLN yang harus dijaga dari upaya pelanggaran, seperti pembangkit, transmisi, gardu-gardu induk, jaringan menengah maupun rendah.

"Kasus yang banyak terjadi adalah kurang tertibnya masyarakat terhadap penggunaan listrik. Untuk itu, kami meminta dukungan dari petugas kepolisian untuk menindaklanjuti bersama,'' tandasnya.

PLN Distribusi Jateng-DIY lebih dulu melakukan pedoman kerja untuk menyamakan persepsi dan pola operasi antara Polda Jateng-PLN Distribusi Jateng-DIY. Tercatat, kata Mirza, angka penyusutan listrik di wilayah Jateng-DIY mencapai sekitar 6 persen.

( Fista Novianti / CN37 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 13766
05 September 2014 | 22:15 wib
Dibaca: 7130
05 September 2014 | 21:15 wib
Dibaca: 4052
image
05 September 2014 | 19:45 wib
Dibaca: 4356
image
05 September 2014 | 18:32 wib
Dibaca: 1317
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER