panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
15 April 2013 | 05:03 wib
12 PT Ikuti Persidangan Semu di NMCC

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sebanyak 12 perguruan tinggi se-Indonesia mengikuti lomba persidangan semu dalam kegiatan National Moot Court Competition (NMCC) yang diselenggarakan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (FH Unnes) Minggu (14/4).

Mereka memperebutkan Piala Konservasi dari Kementerian Kehutanan RI.

Pada pembukaan kegiatan NMCC di auditorium kampus Unnes Sekaran Gunungpati, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dalam pidato kunci menyampaikan, Indonesia masih memiliki hutan tropis dalam cakupan yang cukup luas. Kekayaan alam yang luar biasa itu sayangnya kurang disadari oleh masyarakat bangsa Indonesia sendiri.

"Sehingga sering terjadi praktik penebangan liar oleh pihak-pihak yang mencari keuntungan untuk golongannya," ungkapnya.

Maka itu, lanjut peraih gelar doktor kehormatan dari Unnes ini, untuk menegakkan hukum yang bertumpu pada nilai-nilai keadilan, perlu juga diciptakan hukum yang bermanfaat bagi planet bumi.

"Kalau hutan rusak, alam pun akan rusak, dan pemanasan global pasti terjadi. Maka itu perlu keseimbangan dalam mengelola alam. Misalnya dengan penanaman pohon dan regulasi yang mengatur kehidupan hutan yang terancam," jelasnya saat menjadi pembicara kunci pada kegiatan NMCC itu.

NMCC sendiri menggelar berbagai kegiatan. Selain, praktik persidangan semu di Pengadilan Negeri Semarang, juga ada penanaman bibit mangrove di Pantai Bandengan Jepara.

Pada persidangan semu pun, tema yang diambil dalam simulasi peradilan yakni tentang perikanan dan penebangan liar. Setiap perguruan tinggi yang beranggotakan 20 orang berperan sebagai hakim, jaksa, penasihat hukum, panitera, saksi, hingga terdakwa di simulasi tersebut. Mereka melakukan persidangan dengan tema yang ditentukan sesuai aturan dalam proses peradilan.

Dekan FH Unnes, Sartono Sahlan mengungkapkan, kegiatan ini baru pertama kali digelar dan harapannya dapat rutin diselenggarakan setiap tahun.

Adapun peserta NMCC tersebut diantaranya, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Trisakti, Universitas Pelita Harapan, Universitas Pattimura. Kemudian, Universitas Nasional Jakarta, Universitas Sebelas Maret Solo, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Al Azhar Indonesia, Sekolah Tinggi Hukum Bandung, dan Universitas Kristen Maranatha.

( Anggun Puspita / CN39 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
image
19 April 2014 | 21:44 wib
Dibaca: 97
19 April 2014 | 21:29 wib
Dibaca: 223
19 April 2014 | 20:45 wib
Dibaca: 398
19 April 2014 | 20:15 wib
Dibaca: 394
image
19 April 2014 | 17:41 wib
Dibaca: 670
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER