panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
15 Februari 2013 | 05:27 wib
Pungutan Liar di Karantina
Pejabat Balai Karantina Pertanian Semarang Tersangka

SEMARANG, suaramerdeka.com - Cabang Kejaksaan Negeri di Tanjung Emas Semarang menetapkan tersangka kasus dugaan pungutan liat di Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang. Penetapan tersangka itu berdasarkan hasil gelar perkara di Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, kemarin.

Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Semarang, Maryanto menyebut pejabat Balai Karantina berinisial S sebagai tersangka. “Berdasar hasil ekspose dengan Kepala Kejaksaan Tinggi, bahwa kami sudah memiliki bukti yang cukup untuk menetapkan Insinyur S sebagai tersangka,” kata Maryanto.

Menurut Maryanto, tersangka S diduga menyalahgunakan kewenangan, melakukan dan menerima pungutan tidak resmi diluar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Balai Karantina adalah penentu keluar masuknya barang pelabuhan baik berupa tanaman dan hewan. Salah satu syaratnya adalah bebas hama. Dalam pemeriksaan tanaman dan hewan itu ada biaya yang harus dibayar.

Dalam hal ini, Balai Karantina menunjuk pihak ketiga. Namun tarif pemeriksaan yang ditentukan oleh pihak ketiga tersebut lebih mahal dari ketentuan. Maryanto menolak menyebut besaran pungutan pemeriksaan Balai Karantina. “Ini penyidikan masih belum lengkap. Segera akan kami lengkapi, jadi untuk detilnya belum bisa kami ungkapkan,” kata dia.

Pihaknya masih mengembangkan kasus ini, untuk kemungkunan adanya tersangka lain. Insinyur S sendiri dijerat Pasal 12 huruf (e) Undang-undang Pemberantasan Korupsi nomor 31 tahun 1999 yang diperbarui dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2001. Pasal tersebut mengatur tentang tindak pidana Perbuatan Pemerasan.

Berdasar penelusuran, S adalah Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang, Ir. Sugiyanta. Dihubungi kemarin, S mengaku sudah pernah dimintai keterangan terkait kasus ini. “Saya sudah pernah sekali, diklarifikasi,” katanya.

( Eka Handriana / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
29 Juli 2014 | 10:57 wib
Dibaca: 78
image
29 Juli 2014 | 10:40 wib
Dibaca: 123
29 Juli 2014 | 07:00 wib
Dibaca: 321
29 Juli 2014 | 05:42 wib
Dibaca: 384
29 Juli 2014 | 04:42 wib
Dibaca: 377
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER