panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
27 November 2012 | 17:59 wib
Dewan Tunggu Kepastian Rencana Pembangunan Jalur Lingkar

SEMARANG, suaramedeka.com - Komisi C DPRD Kota Semarang masih menunggu kepastian perencanaan pembangunan jalur lingkar (oto-ringroad). Maka untuk itu, hingga kini Dewan belum menyiapkan anggaran, termasuk wacana saving anggaran. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, Agung Budi Margono.

Menurutnya, hingga saat ini pihak eksekutif belum melakukan presentasi ke Dewan.  "Pembicaraan dan rencana memang sudah ada. Tapi belum ada pembahasan yang detil," ujarnya.

Pihaknya juga berharap, perencanaan pembangunan oto-ringroad diharapkan sesuai dengan dokumen tata ruang. Sebelum pembangunan juga dibutuhkan studi yang lengkap. Termasuk harus ada presentasi ke Dewan. "Rencana itu memang bagus. Tapi anggaran yang dibutuhkan sangatlah besar," tegasnya.

Dengan rencana pembangunan yang membutuhkan biaya besar itu, pemkot tidak mungkin membiayai secara mandiri. Apalagi otoringroad, bukanlah untuk kepentingan Kota Semarang saja. Melainkan untuk kepentingan lintas kabupaten. Pemkot, harus berupaya untuk mengajukan anggaran ke pusat, agar pembiayaannya bisa ditanggung bersama.

"Kalau melihat rencana yang ada, otoringroad lingkar selatan saya kira perlu diutamakan. Karena sangat efektif memecah kejenuhan lalu lintas di tengah kota," ujarnya.

Sementara untuk rencana pembebasan lahan, pemkot harus melakukan pendataan. Pendataan itu meliputi status tanah, berapa lahan yang harus dibebaskan, serta kebutuhan lain. Pemkot juga harus mengantisipasi munculnya spekulan tanah. Caranya dengan membuat kajian terkait harga tanah yang harus dibebaskan.

"Sampai saat ini memang belum ada presentasi detil ke Dewan. Jadi kami belum bisa memperkirakan kebutuhan anggaran serta target waktunya, sehingga belum membahas saving anggaran. Intinya kami masih menunggu kepastian perencanaan tersebut," tegasnya.

( Lanang Wibisono / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 14540
05 September 2014 | 22:15 wib
Dibaca: 7649
05 September 2014 | 21:15 wib
Dibaca: 4193
image
05 September 2014 | 19:45 wib
Dibaca: 4507
image
05 September 2014 | 18:32 wib
Dibaca: 1334
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER