panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
21 September 2012 | 23:29 wib
PT KA Luncurkan Kereta Ekonomi Ber-AC

 

SEMARANG, suaramerdeka.com - PT Kereta Api kembali meluncurkan rangkaian kereta ekonomi AC yang diberi nama Senja Menoreh, Jumat (21/9). Kereta ini terdiri atas delapan gerbong yang berkapasitas 806 penumpang, dengan jadwal keberangkatan pukul 20.00 WIB.

Vice President PT KA Daop IV Semarang, Arief Wahyudi mengatakan, pengoperasian kereta kelas ekonomi yang melayani rute Semarang-Jakarta ini untuk sementara menggantikan KA Senja Utama kelas bisnis yang sedang diperbaiki. Saat ini gerbong KA Senja Utama yang berkapasitas 514 penumpang sedang diperbaiki di Depo Poncol, untuk diberi fasilitas tambahan pendingin air conditioner (AC).

"Kami menargetkan, akhir Desember 2012 perbaikan telah selesai. Awal 2013 kereta kelas bisnis akan mulai beroperasi dengan fasiltas AC," katanya usai pemberangkatan perdana KA Senja Menoreh di Stasiun Tawang, Jumat (21/9).

Pada 2013, PT Kereta Api menargetkan seluruh kereta baik jarak dekat dan jauh akan memiliki fasilitas AC. Saat ini di wilayah Daop IV Semarang, masih ada lima kereta yang belum ber-AC yakni Tawang Jaya, Fajar Utama, Senja Utama, Tegal Arum, dan Tegal Ekspres.

"Rencananya, kereta ekonomi AC ini nantinya akan menggantikan KA Tawang Jaya kelas ekonomi jurusan Semarang-Jakarta. Harga tiket tetap sama Rp 33.500," ujarnya.

Harga tiket KA Senja Menoreh berkisar antara Rp 120.000-Rp 155.000. Selama ini tingkat okupansi kelas kereta kelas bisnis ini mencapai 80%. Pada Sabtu dan Minggu, tingkat okupansi mencapai 100%. "Untuk KA Fajar Utama, masih tetap menggunakan gerbong lama yang belum ber-AC. Penggantian sementara masih pada Senja Utama," tuturnya.

Dengan menggunakan fasilitas AC, PT KA berharap penumpang dapat mematuhi peraturan tidak merokok di atas kereta api selama perjalanan, yang telah diterapkan. Penumpang yang ketahuan merokok selama perjalanan, akan diperingatkan oleh petugas. Namun bila tetap membandel, penumpang akan diturunkan.

 

( Fani Ayudea / CN27 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
image
23 April 2014 | 10:35 wib
Dibaca: 392
image
23 April 2014 | 09:41 wib
Dibaca: 470
23 April 2014 | 09:32 wib
Dibaca: 355
image
23 April 2014 | 08:11 wib
Dibaca: 419
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER