panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
22 Agustus 2012 | 18:12 wib
Empat Bus AKAP Langgar Tarif Angkutan Lebaran

 

SEMARANG, suaramerdeka.com - Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K) Jawa Tengah menemukan empat bus AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) kelas ekonomi yang berasal dari Jakarta melakukan pelanggaran batas atas yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar Rp 139/KM/Penumpang.

Penyimpangan tersebut kata Ketua LP2K Jateng Ngargono, sebesar 5,4 persen (tiga bus) dan 71,5 persen (satu bus). Data tersebut didapatkan dari Posko Pengaduan LP2K Jawa Tengah yang ada di halte bus Krapyak, Semarang, mulai pukul 03.00 - 06.30 dari H-5 sampai H-1 atau pada Selasa - Sabtu (14-18/8).

"Selain data itu, kami juga sudah mengantongi nama PO, trayek, nomor polisi kendaraan, tanggal kejadian, bukti karcis dan identitas penumpang. Data itu, pada Sabtu (18/8) kami kirimkan ke Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI dengan tembusan kepada Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah. Sebagai pelapor kami akan dipanggil untuk dipertemukan dengan PO yang melanggar dalam rangka klarifikasi dan pemberian sanksi sesuai dengan bobot pelanggarannya, kurang lebih satu bulan setelah laporan masuk," paparnya, Rabu (22/8).

Selain dari Jawa Tengah pemberian sanksi juga diberikan bagi pelanggaran dari provinsi lainnya yaitu DKI Jakarta, DIY, Lampung, Banten, Bali, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Jawa Timur dan laporan langsung dari masyarakat serta pemantauan oleh Tim dari Ditjen Perhubungan Darat.

Semua data pelanggaran yang dipaparkan di Ditjen Perhubungan Darat dihadapan para pelapor dan pemilik bus, kata Ngargono, mekanisme selanjutnya adalah pemberian sanksi oleh Ditjen Perhubungan Darat sesuai dengan bobot pelanggaran masing-masing sebagaimana dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Bagi bus dan Perusahaan Otobus (PO) yang melanggar LP2K mengusulkan sanksi sesuai dengan bobot dan jenis pelanggarannya yang telah diatur dalam Peraturan Ditjen Perhubungan Darat SK.2795/HK.402/DRJD/2009.

( Muhammad Syukron / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
image
28 Juli 2014 | 10:10 wib
Dibaca: 137
28 Juli 2014 | 09:58 wib
Dibaca: 193
28 Juli 2014 | 09:33 wib
Dibaca: 163
28 Juli 2014 | 09:20 wib
Dibaca: 226
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER