panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
07 Agustus 2012 | 21:47 wib
704 Ribu KK Terancam Krisis Air Bersih

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sebanyak 704 ribu kepala keluarga (KK) terancam krisis air bersih pada musim kemarau tahun 2012. Mereka tersebar di 24 kabupaten/kota di Jateng seperti Blora, Rembang, Wonogiri, dan Kebumen.

Kekeringan ini terus melanda hampir setiap tahunnya sehingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng berupaya membangun sumur artesis guna mengatasi permasalahan rutin tersebut.

"Kami sedang menuju ke sana (rencana pembuatan sumur artesis-Red), saat ini sudah diajukan bantuan pendanaan ke BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana-Red). Ini bisa menjadi solusi penanganan kekeringan supaya setiap tahun tidak melakukan droping air terus menerus," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng Sarwa Permana di Kantor Gubernuran, Selasa (7/8).

Tidak hanya Jateng, bantuan serupa juga diajukan BPBD Jatim dan Jabar untuk mengatasi bencana kekeringan. Menurut dia, pembangunan sumur artesis ini akan bekerja sama dengan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jateng.

Lokasi pembangunan sumur artesis ini belum ditentukan. Namun, sumur ini nantinya dibangun dengan skala prioritas sesuai dengan besarnya potensi kekeringan di satu daerah. Hingga kini, memang belum semua kabupaten/kota yang melaporkan kekeringan meminta sarana air bersih.

Sejauh ini, BPBD mencatat sudah ada tiga daerah yang meminta bantuan air bersih yaitu Blora, Rembang, dan Wonogiri. "Belum semua daerah mengajukan permintaan air bersih. Kalau pun nantinya mengajukan bantuan, maka pengajuan harus disertai dengan pernyataan tanggap darurat dari bupati/wali kota," tandasnya.

( Royce Wijaya / CN31 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 18837
05 September 2014 | 22:15 wib
Dibaca: 10608
05 September 2014 | 21:15 wib
Dibaca: 5016
image
05 September 2014 | 19:45 wib
Dibaca: 5417
image
05 September 2014 | 18:32 wib
Dibaca: 1464
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER