panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
29 Juli 2012 | 21:15 wib
2012, Pemanfaatan Aset Daerah Ditarget Rp 27,53 Miliar


SEMARANG, suaramerdeka.com -
Pemprov Jateng menargetkan pemanfaatan kekayaan aset daerah tahun 2012 sebesar Rp 27,53 miliar. Target tersebut lebih besar Rp 4,07 miliar dibandingkan realisasi pemanfaatan kekayaan aset tahun 2011 yang ketika itu mencapai Rp 23,46 miliar. Gubernur Bibit Waluyo optimis mampu merealisasikan target dan siap memberikan kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) secara optimal melalui pemanfaatan aset.
 
"Secara periodik telah dilakukan evaluasi manajemen pengelolaan aset sehingga aset Pemprov Jateng dapat memberikan kontribusi peningkatan PAD. Kami telah menempuh inventarisasi dan identifikasi nilai aset serta validasi neraca untuk mendukung laporan keuangan pemerintah daerah," katanya. Upaya pengamanan aset pun telah direalisasikan melalui sertifikasi, pemasangan label, dan patok batas tanah. Adapun, pemanfaatan aset ini dilakukan dengan sistem sewa dan kerjasama pemanfaatan pihak ketiga.
 
Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPAD) Jateng Herry Supangkat mengatakan, tanah dan bangunan milik pemprov ini memang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Hingga kini, aset daerah di Jateng tersebar di 32 titik lokasi di Jateng seperti di Kota Semarang, Pekalongan, Kabupaten Demak, Kendal, Cilacap, Grobogan, dan Pemalang. Dari jumlah itu, 26 titik lokasi di antaranya sudah termanfaatkan ataupun dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

Menurut dia, beberapa aset yang sudah termanfaatkan yaitu Asrama Haji Donohudan Boyolali, GOR Jatidiri Karangrejo, dan gedung Java Desaign Center (JDC) Semarang.

Kontribusi PAD atas aset daerah masih bisa dioptimalkan karena memang masih banyak masyarakat yang belum mengetahui pemanfaatannya. Misalnya asrama haji Donohudan, banyak yang beranggapan tempat itu hanya untuk mendukung penyelenggaraan haji. Padahal, di asrama ini terdapat tempat penginapan dan gedung pertemuan yang bisa disewa masyarakat.

"Eks rumah dinas pembantu Gubernur Jateng wilayah Pekalongan di Jl Diponegoro Nomor 1 Pekalongan ini menjadi salah satu aset daerah yang belum termanfaatkan," tandas Herry Supangkat didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Aset, DPPAD Jateng Ninik Mardiastuti. Contoh aset lain yang belum termanfaatkan yaitu tanah dan bangunan di Jl Sri Kuncoro Kalibanteng, Kota Semarang seluas 312 meter persegi.

( Royce Wijaya / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 18169
05 September 2014 | 22:15 wib
Dibaca: 10114
05 September 2014 | 21:15 wib
Dibaca: 4881
image
05 September 2014 | 19:45 wib
Dibaca: 5275
image
05 September 2014 | 18:32 wib
Dibaca: 1443
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER