panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
11 Juli 2012 | 21:53 wib
Pemadatan Sampah Tingkatkan Volume Tampung TPA

 

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemadatan sampah dapat menurunkan volume sampah sekitar 20 hingga 25 persen dari volume awal. Dari hasil penelitian Teknik Lingkungan Undip menunjukkan semakin tinggi kepadatan sampah maka laju dekomposisinya akan semakin lambat.

"Pengelolaan limbah padat mampu meningkatkan efektifitas pengelolaan sampah serta mengurangi volume timbunan sampah yang terdaopat di TPS maupun TPA," ujar Andre Cahyo Kumolo, panitia penyelenggara Workshop Pengelolaan Limbah Padat, Rabu (11/7) di Gedung Teknik Kimia Kampus Tembalang.

Tim peneliti ini merupakan dosen Teknik Lingkungan, terdiri atas Ir Irawan Wisnu W MS, Ir Nasrullah MS, Ir Endro Sutrisno MS, dan Sri Sumiyati ST MSi. Mereka memaparkan timbunan sampah pada landfill yang tidak diproses akan mengakibatkan kebutuhan lahan TPA menjadi semakin banyak.

Adapun salah satui cara untuk mengatasi masalah timbunan sampah tersebut dengan cara memadatkan sampah agar dapat mengurangi volume sampah yang dikirim ke TPA. Kepadatan sampah yang optimum untuk diterapkan pada landfill adalah 455 kg/m3. "Penelitian ini menjadi dasar pemecahan masalah luapan timbunan sampah baik di TPA maupun TPS," kata Irawan Wisnu.

Lebih lanjut, Ir Diyono Ikhsan SU pemakalah dari Teknik Kimia menjelaskan mengenai manfaat produksi biogas dan sampah sayuran atau tanaman di antaranya adalah untuk menghasilkan bahan bakar yang ekonomis dan ramah lingkungan.

Dari pengolahan sampah sayuran ini, terang dia, bisa menghasilkan pupuk organik yang ramah lingkungan serta mengurangi jumlah sampah sayuran pasar dan tanaman yang menumpuk.

( Hartatik / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 39975
05 September 2014 | 22:15 wib
Dibaca: 27093
05 September 2014 | 21:15 wib
Dibaca: 7918
image
05 September 2014 | 19:45 wib
Dibaca: 8404
image
05 September 2014 | 18:32 wib
Dibaca: 1892
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER