panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
09 Juli 2012 | 22:17 wib
Curi Dua Celengan, Pengamen Dibekuk

 

SEMARANG, suaramerdeka.com - Lantaran mencuri dua buah celengan di rumah Andang Mulyawan (48) dan Legiatun Al Tuginem (58), warga Jl Karanggawang Barat, Tandang, Tembalang, pada 22 Juni dini hari, Agus Suryanto alias Ateng (29), warga Jl Sendangguwi, Tembalang, terpaksa digelandang ke kantor polisi.

Pengamen jalanan yang juga seorang residivis ini nekat melakukan pencurian dua celengan milik anak korban yang diduga dikumpulkan untuk membeli baju lebaran. Dari tangan Agus, polisi mengamankan barang bukti berupa uang sebesar Rp 155 ribu yang didapat dari dua celengan tersebut.

Ateng mengaku, pencurian itu sudah direncanakan sebelumnya. Pada sore harinya ia berpura-pura melintas di sekitar lokasi dan mengamati dua rumah korban yang berjarak hanya 5 meter. "Subuh-subuh sepulang dari ngamen saya datang lagi," ungkapnya saat gelar perkara, Senin (9/7) pagi.

Setibanya di lokasi, Ateng langsung masuk ke salah satu rumah korban melalui pintu belakang. "Saya masuk rumah Andang sekitar pukul 05.30," ujar residivis yang dua kali masuk penjara dengan kasus serupa ini.

Saat berada berada di dalam, ia langsung tertuju kepada celengan yang terbuat dari kaleng bekas yang berada di kamar anak Andang. Hasil sudah didapatkan, Ateng melangkah pulang ke rumahnya yang berjarak 500 meter
dari lokasi

"Lagi pada tidur, saya masuk dan mengambil celengan. Celengan itu saya taruh rumah dan saya tinggal tidur," aku pria bertato ini.

Keesokan harinya tepatnya pukul 22.00 sepulangnya dari mengamen, Ateng kembali melintas di lokasi. Malam itu giliran rumah Legiatun yang menjadi sasaran aksinya. Ateng yang berhasil masuk langsung memaanfaatkan waktu, seperti di rumah korban sebelumnya, dengan kembali masuk ke kamar anak korban dan mengambil celengan.

Sebelum ditinggal tidur, Ateng sempat membuka dua celengan tersebut dan mendapat uang sebesar Rp 155 ribu. Saat ia terbangun polisi sudah ada di hadapannya untuk menangkapnya.

Kapolsek Tembalang Kompol Purwanto mengatakan, penangkapan tersangka berkat laporan dari korban dan salah satu saksi mata. "Salah satu tetangga korban ada yang melihat tersangka lari dari belakang rumah," ujarnya sembari menambahkan tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara.

( Erry Budi Prasetyo / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 28899
05 September 2014 | 22:15 wib
Dibaca: 18513
05 September 2014 | 21:15 wib
Dibaca: 6503
image
05 September 2014 | 19:45 wib
Dibaca: 6958
image
05 September 2014 | 18:32 wib
Dibaca: 1681
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER