panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
07 Juni 2012 | 21:50 wib
Biaya Sumbangan Masuk Undip Turun


SEMARANG, suaramerdeka.com - Secara bertahap, Universitas Diponegoro (Undip) mulai tahun ini menurunkan biaya Sumbangan Pengembangan Manajemen Pendidikan (SPMP) bagi mahasiswa baru. Penurunan tersebut beragam, berkisar antara Rp 1 juta-Rp 5 juta.

Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengatakan, penurunan SPMP ini didasari atas adanya Bantuan Operasional Perguruan Tinggi (BOPTN). Bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini sebesar 10% dari unit cost atau biaya pendidikan tinggi di Undip.

"Pemanfaatan BOPTN ini sebenarnya fleksibel, tapi kami berkomitmen digunakan untuk mengurangi beban orang tua mahasiswa," ujarnya, Kamis (7/6).

Ke depan, dia berharap BOPTN ini bisa bertambah sehingga beban biaya kuliah yang dibayarkan mahasiswa bisa semakin berkurang. Dengan demikian, dari unit cost tersebut diharapkan biaya kuliah yang dikeluarkan mahasiswa cukup 30% saja.

Adapun besaran komponen biaya pendidikan lainnya, seperti Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), serta Praktikum, Responsi & Kegiatan Perkuliahan lainnya (PRKP) masih sama. Pasalnya, seluruh komponen biaya tersebut memang yang harus dibayarkan mahasiswa.

Sebagai tambahan informasi, SPMP Fakultas Kedokteran tahun lalu Rp 25 juta turun menjadi Rp 20 juta. Selanjutnya, SPMP Fakultas Hukum dari Rp 15 juta turun menjadi Rp 12,5 juta, sedangkan SPMP di Fakultas Teknik dari Rp 10 juta turun menjadi Rp 9 juta.

( Hartatik / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
19 April 2014 | 07:30 wib
Dibaca: 376
19 April 2014 | 06:30 wib
Dibaca: 478
19 April 2014 | 06:00 wib
Dibaca: 483
19 April 2014 | 04:40 wib
Dibaca: 525
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER