panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
19 Juli 2013 | 20:49 wib
Sukorejo Kendal Siaga
Ketua DPD FPI Jateng Syihabuddin Dibebaskan

KENDAL, suaramerdeka.com - Paska bentrok ormas FPI dan warga Sukorejo, situasi Sukorejo Kabupaten Kendal berangsur normal. Jumat (19/7), warga sekitar telah melakukan aktifitas secara seperti biasa.

Beberapa toko, kios pasar Sukorejo dan tempat usaha yang sebelumnya tutup rapat, mulai terlihat aktifitasnya. Hanya saja, untuk mengantisipasi adanya kisruh susulan, pihak kepolisian mensiagakan puluhan anggotanya di sekitar lokasi.

Di sekitar alun-alun Sukorejo, tepatnya di depan Polsek Sukorejo ada dua truk Dalmas Polres Kendal berisi anggota. Di sana juga terlihat setidaknya satu pasukan truk Dalmas (diisi sekitar 30 orang) bantuan dari Polda Jateng yang siap mengamankan jika ada kerusuhan ulang.

Petugas kepolisian berjaga karena sebelumnya muncul banyak informasi berbau provokasi (via BBM dan SMS yang beredar ke warga) bahwa akan ada pasukan FPI dari berbagai daerah yang akan menuju Sukorejo.

Tujuannya tentu ingin balas dendam atas kasus pembakaran mobil dan dugaan penganiayaan beberapa anggota FPI Temanggung.

"Ya memang ada informasi seperti itu. Bahkan FPI dari Cilacap kabarnya sudah memberangkatkan sekitar 160 orang menuju ke Kendal. Tapi hingga sore tidak ada masalah apapun. Kami disiapkan untuk berjaga jika ada insiden yang tidak diharapkan," kata salah satu petugas kepolisian yang enggan dikorankan namanya.

Warga di sekitar lokalisasi Alas Karet (Alaska) yang ada di Kecamatan Patean, Kendal juga masih khawatir terjadi tindakan balasan paskabentrok warga dengan massa FPI di Sukorejo.

Sekelompok kecil warga tampak berjaga di kawasan lokalisasi dan tempat hiburan karaoke terpencil tersebut. Situasi sekitar lokalisasi juga sepi dan semua pintu dan jendela tertutup rapat.

Sarwanto, satu pengelola karaoke mengaku khawatir imbas dari kericuhan pada Kamis (18/7) siang lalu. Dirinya juga mendengar tentang adanya SMS dan BBM berbau provokasi terkait kerusuhan lanjutan.

Dari Polres Kendal, situasi juga masih waspada. Namun Kapolres Kendal AKPB Asep Jenal Ahmadi memastikan bahwa kondisi keamanan di wilayahnya sudah membaik. Menurut Asep, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan kepada 27 anggota FPI yang sempat ditahan.

Dari hasil pemeriksaan, akhirnya ditetapkan tiga tersangka yaitu Soni Haryanto (38) sopir Toyota Avanza yang menabrak warga, Ahmad Saefudin (19) warga Temanggung dan Bayu Agung (21) warga Parakan, yang diketahui telah membawa senjata tajam.

Sedangkan Ketua DPD FPI Jateng Syihabuddin yang sempat ikut diamankan, akhirnya dibebaskan karena tidak terbukti melakukan tindak pidana.

( Lanang Wibisono / CN37 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Pantura Terbaru
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 36189
05 September 2014 | 20:45 wib
Dibaca: 7733
image
05 September 2014 | 17:06 wib
Dibaca: 7687
image
05 September 2014 | 15:22 wib
Dibaca: 1828
05 September 2014 | 02:55 wib
Dibaca: 992
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER