panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
10 April 2014 | 19:55 wib
Kursi PKS dan PAN Diprediksi Lenyap

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 di Jateng sudah terselesaikan. Meski perhitungan suara Pileg masih terus berjalan, namun beberapa pengamat politik memprediksikan perolehan suara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) jeblok. Imbasnya, kursi pimpinan Dewan yang pernah diraih pada Pemilu 2009 diprediksikan bakal lenyap karena direbut partai lain.

Dua partai yang berpotensi menggantikan dua partai itu ialah PKB dan Gerindra. Adapun, tiga partai yang masih bisa mempertahankan keterwakilan pimpinan Dewan ialah PDIP, Golkar, dan Demokrat. Sebagai informasi, pimpinan DPRD yang ada sekarang ini diisi Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi (fraksi PDIP), serta empat wakilnya Bambang Sadono (Golkar), Bambang Priyoko (Demokrat), Fikri Faqih (PKS), dan Jayus (PAN).

Pengamat politik Universiatas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang Joko J Prihatmoko menyatakan, PKS dan PAN kemungkinannya kecil untuk bisa mendapatkan jatah kursi wakil ketua DPRD. Khususnya PKS, elektabilitasnya mendekati Pileg tidak terlalu bagus. "Dengan jumlah kader 75 ribu orang, PKS kini sudah mendapatkan angka diatas satu juta suara seperti pada Pemilu 2009 lalu. Kondisinya berbeda dengan lima tahun lalu saat hanya memiliki 59 ribu kader," katanya, Kamis (10/4).

Menurut dia, jika PKS meraih 3,7 atau 4,5 persen suara, hal itu dinilainya sudah bagus. Selaku Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Indonesia (LPPI), Joko mengaku pernah menggelar survei tren sentimen pemilih terhadap partai politik. Dalam survei pada 14 Februari-1 Maret lalu dengan jumlah responden 2.096 orang tersebut, PKS mendapatkan 3,7 persen suara. Responden itu merupakan warga Jateng yang mempunyai hak pilih dalam Pileg, yakni berumur 17 tahun atau lebih, serta sudah menikah.

Hasil survei itu menempatkan lima besar partai perolehan suara terbanyak di Jateng, yakni PDIP 22, 2 persen, Golkar 11,5 persen, Demokrat 10,2 persen, PKB 8,5 persen, dan Gerindra 7,8 persen. Joko menilai kelima partai yang masuk posisi lima besar berdasarkan hasil surveinya itu tidak akan beda jauh dengan hasil Pileg 2014.

Pengamat komunikasi politik Undip M Yuliyanto mengungkapkan hal sama. PDIP diprediksi memenangkan Pileg serta merebut kursi ketua DPRD Jateng.

Empat partai lain yang memiliki kursi wakil ketua DPRD ialah Golkar, PKB, Gerindra, dan Demokrat. "Harus diakui PKB Jateng solid setelah dipimpin Gus Yusuf (KH Yusuf Chudlori, ketua DPW PKB Jateng, red). Ini karena para kiai NU (Nahdlatul Ulama) kembali ke kandang PKB," tandasnya.

Adapun, Gerindra terdongkrak karena Prabowo effect. Masyarakat Jateng semakin banyak yang memberikan simpati karena menghendaki Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto jadi calon presiden (capres).

( Royce Wijaya / CN38 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Terbaru
05 September 2014 | 17:43 wib
Dibaca: 1255
05 September 2014 | 17:30 wib
Dibaca: 1457
04 September 2014 | 23:35 wib
Dibaca: 1475
04 September 2014 | 22:55 wib
Dibaca: 1070
03 September 2014 | 21:57 wib
Dibaca: 1135
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER