panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
27 Mei 2013 | 00:34 wib
Pilkada Kudus, Pasangan Faham Unggul Sementara

KUDUS, suaramerdeka.com - Pasangan calon bupati-wakil bupati nomor urut 04 Musthofa - Abdul Hamid (Faham) memperoleh suara terbanyak dalam penghitungan sementara yang dilakukan KPU Kabupaten Kudus dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Kudus 2013, Minggu (26/5).

Ketua KPU Kabupaten Kudus Gunari A Latief sekitar pukul 22.18 menjelaskan bahwa pasangan Faham memperoleh 49 persen suara dari 80 persen data yang masuk dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada. "Namun ini masih data sementara," ujarnya.

Dari 80 persen data suara yang masuk, pasangan nomor urut 01 Tamzil-Asyrofi (TOP)  memperoleh 30 persen suara, pasangan nomor 02 Badri Hutomo-Sofiyan Hadi (BHS) meraih 10 persen suara, pasangan nomor 03 Erdi Nurkito-Anang Fahmi (Mantab) meraih 3 persen suara, dan pasangn nomor 05 Budiyono-Sakiran (Dikir) memperoleh 8 persen suara.

"Namun data ini masih sementara, Metodenya bukan sampling dan juga tidak Quick Count. Tetapi berdasarkan jumlah data yang masuk dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) ke kita (KPU-Red)," terang Gunari menjelaskan.

Kemenangan Faham ini juga dikemukakan ketua tim sukses pasangan Budiyono-Sakiran (Dikir), Djama'ah Sundoro. Dalam hitungan internal timnya, pasangan Faham juga memimpin perolehan suara sementara.

"Dari sekitar 40 persen suara yang sudah kami hitung di hitungan internal tim kami, pasangan Musthofa-Abdul Hamid (Faham) sementara unggul. Disusul kemudian pasangan Tamzil-Asyrofi (TOP), Badri Hutomo-Sofiyan Hadi (BHS), lalu pasangan Budiyono-Sakiran (Dikir), dan terakhir Erdi Nurkito-Anang Fahmi (Mantab).

"Tetapi ini datanya masih sementara," ungkapnya.

Kendati akhirnya pihak KPU Kabupaten Kudus merilis data prosentase perolehan sementara Pilbup Kudus, namun banyak pihak yang menyayangkan lambannya informasi mengenai hasil Pilbup didapat masyarakat.

Pengamat sosial dan kebijakan publik Universitas Muria Kudus (UMK) Zamhuri, mengemukakan, seharusnya pihak KPU mengantisipasi timbulnya ketidakpastian lambannya informasi hasil Pilbup. "Mestinya ada sistem informasi yang terukur dan terkontrol untuk informasi hitung cepat Pilbup."

Di tengah tersedianya perangkat teknologi informasi yang canggih, tambahnya, harusnya bisa digunakan untuk melakukan hitung cepat. "Informasi hitung cepat sangat penting untuk mencegah kesimpangsiuran hasil Pilbup. Hasil Pilgub (Pemilihan Gubernur-Red) bisa dirilis dengan cepat," tegasnya.

Grafis:

Prosentase hasil sementara Pilbup Kudus 2013

- Tamzil-Asyrofi (TOP): 30 persen
- Badri Hutomo-Sofiyan Hadi (BHS): 10 persen
- Erdi Nurkito-Anang Fahmi (Mantab): 3 persen
- Musthofa-Abdul Hamid (Faham): 49 persen
- Budiyono-Sakiran (Dikir): 8 persen

( Rosidi / CN39 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Muria Terbaru
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 12252
image
05 September 2014 | 21:30 wib
Dibaca: 3988
05 September 2014 | 20:00 wib
Dibaca: 4050
image
05 September 2014 | 18:45 wib
Dibaca: 557
05 September 2014 | 13:48 wib
Dibaca: 726
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER