panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
12 Mei 2013 | 10:52 wib
Kampanye Pilbup Kudus Masih Konvensional


KUDUS, suaramerdeka.com
- Kampanye Pilbup dari berbagai calon selama ini sebagian besar masih konvensional dan belum memberikan pencerahan ke publik. Saat dilakukan pengerahan massa, lebih banyak digunakan untuk porsi hiburan saja. Ironisnya, sang juru kampanye juga tidak cukup mahir dalam menyampaikan informasi seputar calon dengan bahasa yang komunikatif dan tidak membosankan.

"Masyarakat tentu menginginkan sebuah kampanye yang cerdas," kata Koordinator Front Pembela Rakyat Miskin (FPRM), Kholid Mawardi, Minggu (12/8). 

Seharusnya, pelibatan massa dengan jumlah yang cukup besar harus dapat ditangkap dengan jeli untuk dapat memaparkan apa yang menjadi program kerja calon mendatang. HIburan musim dan sejenisnya memang perlu untuk menarik masa, tetapi porsi terbesar tetap untuk sosialisasi calon peserta Pilbup. "Yang terjadi selama ini justru sebaliknya," paparnya.

Akhirnya, yang ditangkap massa justru bukan materi kampanye tetapi acara hiburan yang sebenarnya bukan merupakan materi inti. Padahal, tujuan awal kampanye yakni mengenalkan kepada masyarakat soal siapa calon pemimpinnya pada masa mendatang.

Kholid juga mengkritisi banyak acara hiburan di kampanye yang tidak bernuansa Kudusan. Pasalnya, lebih banyak dijumpai kesenian moderen daripada atraksi Barongan atau wayang Klitik yang sebenarnya asli Kudus. "Itu sebenarnya yang perlu diangkat," ujarnya.

Menurutnya, kampanye cerdas tersebut dapat dilakukan pasangan mananpun. Dia menilai, yang diperlukan yakni kreativitas dan kejelian dalam mengemas satu acara. Bila yang disodorkan kepada masyarakat hanya itu-itu saja, dipastikan publik juga akan semakin bosan.

Model kampanye lain yang dianggap memberikan pemahaman yang maksimal yakni dengan model dialogis. Juru kampanye tidak hanya memaparkan saja, tetapi juga memberikan kesempatan kepada warga untuk menyampaikan pendapat dan pandangannya. "Komunikasi dua arah dianggap lebih efektif untuk mengenalkan calon," imbuhnya.

( Anton WH / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Muria Terbaru
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 25648
image
05 September 2014 | 21:30 wib
Dibaca: 6178
05 September 2014 | 20:00 wib
Dibaca: 6284
image
05 September 2014 | 18:45 wib
Dibaca: 660
05 September 2014 | 13:48 wib
Dibaca: 863
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER