panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
21 April 2013 | 04:00 wib
Blok Randugunting Harapan Baru Pendapatan Blora

BLORA, suaramerdeka.com - Pemkab Blora berharap agar lapangan migas Blok Randugunting segera berproduksi. Sebab dari produksi migas di Blok Randugunting, Kabupaten Blora akan memperoleh dua pendapatan sekaligus.

Dua pendapatan tersebut yakni, dari dana bagi hasil (DBH) dan keikutsertaan dalam penyertaan modal participating interest (PI) di blok yang sebagian wilayahnya berada di Blora bagian barat (Kecamatan Tunjungan, Ngawen, Japah dan Kecamatan Todanan).

"Kami memang berharap banyak dari berproduksinya migas di Blok Randugunting itu bisa memberikan kontribusi pendapatan melimpah bagi Blora," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Setda) Blora, Sutikno Slamet, Sabtu (20/4).

Hanya saja, hingga kini belum jelas kapan lapangan migas Blok Randugunting akan berproduksi. Berdasarkan informasi yang dihimpun, pada 2009 Pertamina Hulu Energi (PHE) Randugunting dua kali melalukan eksplorasi sumur di kawasan Blok

Meski hingga kini minyak di kawasan Blok Randugunting belum ditemukan, namun pemerintah pusat terus mendorong Pertamina melakukan eksplorasi. Bahkan Pertamina menggandeng dua perusahaan asing yakni Petronas Carigali Malaysia dan Tan Dung Vietnam. Blok Randugunting diperkirakan memiliki cadangan migas yang tidak jauh berbeda dengan Blok Cepu.

Menurut Sutikno, Pemkab Blora pun sudah berancang-ancang menyiapkan BUMD yang akan turut serta dalam penyertaan modal PI Blok Randugunting. Hak memiliki 10 persen saham PI  dari blok migas sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2004 tentang Kegiatan Usaha Hulu Migas.

( Abdul Muiz / CN38 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Muria Terbaru
21 Agustus 2014 | 12:55 wib
Dibaca: 121
21 Agustus 2014 | 09:57 wib
Dibaca: 308
21 Agustus 2014 | 09:07 wib
Dibaca: 410
21 Agustus 2014 | 07:40 wib
Dibaca: 599
21 Agustus 2014 | 07:14 wib
Dibaca: 505
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER