panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
28 Januari 2013 | 17:50 wib
Pengusaha Madu Merugi, Lebah Butuh Regenerasi

KUDUS, suaramerdeka.com - Mulai Januari, pengusaha madu di Desa Kajar, Kecamatan Dawe harus menanggung kerugian. Pasalnya, hingga lima bulan ke depan lebah-lebah yang biasanya menghasilkan madu, berhenti produksi. Padahal, dalam kurun waktu tersebut, lebah harus mendapatkan nutrisi dan makanan.

"Meskipun tidak memproduksi madu, kita tetap harus mempertahankan regenerasi agar saat panen, lebah sudah siap memproduksi madu," ujar Supriyanto, pengusaha madu di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Senin (28/1).

Menurutnya, setiap 40 hari lebah akan mati. Sehingga perlu regenerasi secara terus menerus untuk mempertahankan peternakan lebah. Sedangkan untuk regenerasi, lebah membutuhkan nutrisi khusus. Seperti madu pada berbagai macam bunga.

"Sekarang ini adanya bunga randu. Bunga ini nutrisinya kurang sehingga kita tambah dengan gula," bebernya.

Sampai saat ini, Supriyanto memiliki 180 kotak lebah. Untuk mendukung nutrisinya, dibutuhkan 180 kilogram gula setiap tiga hari sekali. Biaya ini cukup besar, namun kerugiannya selama lima bulan ke depan, menurutnya dapat tertutupi ketika masa panen.

"Bulan Mei nanti, kita sudah bisa mulai panen," katanya.

Saat musim panen, biasanya pengusaha tidak lagi mengeluarkan biaya untuk memenuhi nutrisi lebah. Pihaknya hanya melakukan angon untuk menyesuaikan kebutuhan makanan bagi lebah. ''Kalau musim panen, kita hanya mengeluarkan biaya untuk angon,'' beber Supriyanto.

Pada musim panen, madu yang dihasilkan mencapai 3 kuintal per musim panen. Sementara harga jual madu yang diproduksi tersebut mencapai Rp 45.000 hingga 70.000 per liter. Harga madu yang dihasilkan menyesuaikan dengan kualitas madu yang dihasilkan. Jika warna madu lebih jernih, harga jualnya bisa sangat tinggi. Namun jika madu berwarna keruh dan hitam, harganya bisa lebih rendah.

( Septina Nafiyanti / CN15 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Muria Terbaru
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 11902
image
05 September 2014 | 21:30 wib
Dibaca: 3920
05 September 2014 | 20:00 wib
Dibaca: 3979
image
05 September 2014 | 18:45 wib
Dibaca: 556
05 September 2014 | 13:48 wib
Dibaca: 721
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER