panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
13 Januari 2013 | 08:03 wib
Waspadai Penyakit Pasca Banjir

KUDUS, suaramerdeka.com - Pasca banjir berbagai penyakit berpotensi munculnya sejumlah penyakit yang bisa mengganggu kesehatan. Ini dikarenakan, air yang biasanya untuk konsumsi atau untuk kebutuhan sehari - hari telah tercemar dengan berbagai limbah yang yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, dr Maryata melalui Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan, Rusiyati saat menuturkan, memang tidak bisa dipungkiri air banjir yang menggenangi sejumlah pemukiman penduduk bisa dipastikan memicu munculnya wabah penyakit.

"Masyarakat diimbau untuk berhati - hati memanfaatkan air untuk konsumsi. Sebab pada kondisi banjir sumber air seperti sumur atau sumber air lainnya terkontaminasi berbagai bakteri merugikan yang bisa menyebabkan penyakit," katanya.

Menurutnya penyakit yang biasa dijumpai ketika paska banjir di antaranya adalah diare, karena berkaitan kebersihan individu.  Di samping itu, pada saat banjir biasanya sarana penunjang hidup serba terbatas. Itu juga termasuk ketersediaan air bersih yang berpotensi menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat.

Selanjutnya adalah penyakit leptospirosis yang disebabkan oleh bakteri yang disebut leptospira. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit zoonosis karena ditularkan melalui hewan atau binatang.

"Biasanya yang menjadi hewan penular adalah tikus melalui kotoran dan air kencingnya dan berkontaminasi dengan genangan dan ini akan menjadi embrio penyakit jika seseorang memilki luka terbuka dan terkena air kotoran dari tikus tersebut berpotensi terinfeksi dan jatuh sakit," paparnya.

Penyakit lainnya yang juga bisa diakibatkan oleh banjir adalah Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), yang disebabkan adalah bakteri, virus, dan berbagai mikroba lainnya.

Rusiyati menjelaskan, dampak - dampak semuanya itu nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat, agar mereka waspada. "Kemudian apa yang dilakukan ketika pasca banjir yaitu mengimbau agar masyarakat melakukan kegiatan kebersihan utamanya di lingkungan tempat tinggal masing - masing," tandasnya.

( Ruli Aditio / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Muria Terbaru
23 Juli 2014 | 22:25 wib
Antisipasi Kebakaran Saat Lebaran
Puluhan Personel Pemadam Disiagakan 24 Jam
Dibaca: 94
image
23 Juli 2014 | 21:25 wib
Dibaca: 153
23 Juli 2014 | 19:28 wib
Dibaca: 190
23 Juli 2014 | 18:52 wib
Dibaca: 218
23 Juli 2014 | 12:29 wib
Dibaca: 580
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER