panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
14 Juli 2013 | 22:45 wib
Perbaikan Jalur Selatan Dikebut, H-7 Ditarget Selesai

PURWOREJO, suaramerdeka.com - Menjelang arus mudik Lebaran tahun 2013, berbagai sarana dan prasarana terus dipersiapkan, termasuk infrastruktur jalan. Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga wilayah Magelang yang berkedudukan di Kutoarjo terus mengkebut perbaikan jalan-jalan yang rusak. Hal itu untuk mengecar target agar pada H-7 Lebaran kondisi jalan benar-benar sudah siap dilalui para pemudik.

Pengawas Pekerjaan Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Jawa Tengah Wilayah Magelang Dewo Puji Santosa ST yang dimintai konfirmasi menjelaskan, perbaikan dilakukan dengan kegiatan penambalan lubang-lubang jalan dan ada juga beberapa paket pekerjaan overlay atau pelapisan total di beberapa titik di jalur selatan.

Lebih lanjut diungkapkan Dewo, jalan Daendels yang setiap musim mudik dimanfaatkan sebagai jalur alternatif dipastikan siap untuk digunakan pada H-10 atau paling  telat H-7. Jalan Daendels di wilayah Kabupaten Purworejo yang panjangnya mencapai 23,45 KM sebagian besar kondisinya bagus.

Dewo memerincikan, jalan yang dimulai dari ruas Congot Kulonprogo itu kondisinya bagus dua lajur sampai di wilayah Nampurejo, Kecamatan Purwodadi. Memasuki wilayah Kecamatan Ngombol memang agak bergelombang dan terdapat beberapa lubang hingga ke jembatan sungai Jali.

"Sekarang masih dikerjakan proses perbaikannya," katanya.

Selanjutnya, dari jembatan sungai Jali hingga perempatan Ketawang yang panjangnya sekitar 2,1 KM kondisinya juga rusak bergelombang dan sekarang sedang diperbaiki. Demikian juga pada KM 68.200 sampai 69.700 atau sepanjang 1,5 KM mulai dari perempatan ke barat arah Kebumen juga kondisinya rusak.

"Proses perbaikan dengan menutup lubang jalan juga sudah dikerjakan. Sedangkan ke Barat sepanjang 6 KM sampai di  jembatan Wawar ada paket perbaikan overlay dan sudah hampir selesai dilakukan," katanya.

Ditambahkan Dewo, perbaikan dengan cara penambalan lubang juga dilakukan BPT Bina Marga untuk wilayah jalur tengah. Namun khusus untuk ruas Kutoarjo-Kebumen, tepatnya di Desa Klepu, Kecamatan Butuh ada paket perbaikan overlay sepanjang 1,5 KM yang meneruskan kegiatan tahun lalu.

Overlay, sambungnya, juga dilakukan di jalan Purworejo-Yogyakarta, tepatnya di Desa Krendetan ke timur sepanjang 2 KM. "Dua kali pelapisan untuk dua paket pekerjaan itu. Tapi saat mulai mudik kami pastikan satu lapisan sudah selesai," katanya.\

Dewo menegaskan, upaya penyiapan jalan agar bebas lubang itu akan berjalan lancar jika faktor cuaca mendukung. "Kami berharap cuacanya stabil sehingga target maksimal H-7 jalan selatan bebas lubang itu bisa tercapai," katanya menyebutkan jalan lingkar utara dan lingkar selatan juga sudah dibuka pada saat arus mudik nantinya.

( Nur Kholiq / CN38 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Kedu Terbaru
05 September 2014 | 21:45 wib
Dibaca: 8580
05 September 2014 | 20:15 wib
Dibaca: 5855
05 September 2014 | 17:18 wib
Dibaca: 5088
05 September 2014 | 16:02 wib
Dibaca: 582
05 September 2014 | 14:55 wib
Dibaca: 846
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER