panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
19 Juni 2013 | 06:40 wib
Jalan Kabupaten Rusak Parah Akibat Penambangan Andesit

KULONPROGO, suaramerdeka.com – Ruas jalan kabupaten Sidomulyo-Jatimulyo, Kecamatan Pengasih, mengalami kerusakan parah akibat kegiatan penambangan batu andesit di wilayah Dusun Gondangan. Kondisi itu dikeluhkan warga karena sangat mengganggu aktivitas dan membahayakan pengguna jalan.

Kerusakan paling parah terjadi di wilayah Dusun Karangasem sepanjang sekitar 1 km. Salah satu warga yang juga ketua RT di Karangasem, Klijan (70) mengatakan, kerusakan sudah terjadi sejak adanya aktivitas penambangan setahun lalu. Namun hingga kini belum ada upaya perbaikan dari perusahaan penambang.

“Sebelum menambang, perusahaan menjanjikan kalau jalannya rusak akan diperbaiki. Tapi katanya perusahaan itu bangkrut jadi tidak tanggung jawab memperbaiki jalan, sekarang entah siapa yang akan memperbaiki,” katanya, Selasa (18/6).

Selain di wilayah Dusun Karangasem, lanjut Klijan, kerusakan juga terjadi di wilayah sebelah atas sepanjang sekitar 2 km yakni di Dusun Gondangan dan sebagian Karangasem. Ruas jalan itu baru saja mendapat pengaspalan setahun lalu dari Pemkab namun sudah banyak berlubang.

“Kerusakan ini jelas mengganggu aktivitas warga. Banyak yang jatuh, ini membahayakan warga. Harapan warga agar jalan segera diperbaiki yang baik,” imbuhnya.

Kades Sidomulyo, R Sukesidono mengatakan, kerusakan jalan itu terjadi akibat kegiatan pertambangan tahun 2012 yang berlokasi di Gondangan. Tapi perusahaan itu tiba-tiba berhenti melakukan penambangan dan tidak melakukan perbaikan jalan yang terlanjur rusak. Pemerintah Desa sendiri sudah berupaya tiga kali mengundang pihak perusahaan untuk pertemuan tapi tidak pernah hadir.

“Sudah tiga kali mengundang pertemuan tidak hadir. Ruas jalan itu merupakan jalan kabupaten dan waktu itu izin pertambangan dikeluarkan kabupaten,” katanya.

( Panuju Triangga / CN26 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Kedu Terbaru
05 September 2014 | 21:45 wib
Dibaca: 6699
05 September 2014 | 20:15 wib
Dibaca: 5193
05 September 2014 | 17:18 wib
Dibaca: 4432
05 September 2014 | 16:02 wib
Dibaca: 557
05 September 2014 | 14:55 wib
Dibaca: 800
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER