panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
24 Mei 2013 | 16:44 wib
SMA Muhammadiyah 2 Jogja Juara Debat lingkungan

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta keluar sebagai juara 1 lomba Debat Lingkungan Hidup Tingkat SMA/MA Sederajat Se-Yogyakarta. Dalam final yang mengangkat tema "Kenaikan Harga BBM Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar sehingga Mengurangi Emisi Kendaraan", SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang bertindak sebagai kelompok kontra berhadapan dengan SMAN 1 Yogyakarta sebagai kelompok pro.

"Dengan selisih 54 poin, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta mendapat skor 710 untuk itu SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta berhasil sebagai juara satu setelah menyingkirkan SMAN 1 Yogyakarta dengan skor 656," ujar Dian Wahyu Utami Ketua Panitia Lomba di Fakultas Geografi UGM, belum lama ini.

Dijelaskan, lomba Debat Lingkungan Hidup Tingkat SMA/MA Sederajat Se-Yogyakarta diselenggarkan Badan Eksekutif Mahasiswa-Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Fakultas Geografi UGM sebagai rangkaian peringatan Hari Bumi dan Lingkungan tahun 2013. Lomba yang digelar itu diikuti delapan sekolah yang dinyatakan lolos setelah artikel mereka mendapat penilaian dari tim juri, yang terdiri Emilya Nurjani SSi MSi dan Dr M Anggri Setiawan MSi dari Fakultas Geografi UGM.

Ke delapan sekolah yang lolos adalah SMA N 6 Yogyakarta, MAN Yogyakarta 1, SMA Piri Yogyakarta, SMA Stella Duce 1, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, SMAN 1 Yogyakarta, SMAN 1 Tempel dan MAN Yogyakarta 3. Mereka berlomba dalam beberapa babak dengan tema yang berbeda-beda.

Dalam lomba, katanya, masing-masing sekolah bertindak sebagai kelompok pro dan kontra untuk tema "Bencana Banjir di Jakarta Tidak Bisa Dihentikan", "Rumah Susun Sewa untuk Meminimalisir Lahan Permukiman dan Penggunaan Kertas Berakibat Pada Pengurangan Jumlah Pohon di Bumi".

Sementara tema-tema lain adalah "Penguasaan Sumberdaya Air oleh Pemerintah untuk Mengatur Penggunaan Air", "Aktifitas Manusia adalah Faktor Utama Penurunan Flora dan Fauna Bumi" dan "Malioboro sebagai Pusat Pariwisata Dijadikan Daerah Pejalan Kaki".

Selain diberikan piala, piagam dan uang pembinaan kepada juara 1 dan 2, diberikan pula Best Speaker kepada MAN 3 Yogyakarta. "Kita berharap dari lomba ini dapat menjadi titik awal untuk membangun penerus bangsa, terutama generasi muda yang kritis terhadap permasalahan lingkungan yang kini tengah menjadi salah satu isu utama," tambahnya.

( Bambang Unjianto / CN31 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Kedu Terbaru
05 September 2014 | 21:45 wib
Dibaca: 17484
05 September 2014 | 20:15 wib
Dibaca: 7630
05 September 2014 | 17:18 wib
Dibaca: 6852
05 September 2014 | 16:02 wib
Dibaca: 656
05 September 2014 | 14:55 wib
Dibaca: 941
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER