panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
10 Mei 2013 | 16:43 wib
Penelitian Fosil Merapi Butuh Satu Bulan

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta memperkirakan, butuh waktu sekitar satu bulan untuk mengidentifikasi benda diduga fosil yang ditemukan di lereng Merapi beberapa waktu lalu.

Penelitian yang dimulai Jumat (10/5) ini melibatkan dua ahli arkeologi dari BPCB. Identifikasi akan dilakukan melalui beberapa metode, salah satunya pendekatan literasi.

"Penelitian dilakukan oleh tim intern. Kami tidak mengundang ahli dari Sangiran karena akan memakan waktu lebih lama," kata Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Yogyakarta, Wahyu Astuti, Jumat (10/5).

Dilihat dari bentuk visual, lanjut dia, benda temuan warga itu memiliki tebal dan lebar melebihi tulang manusia. Karenanya diduga benda tersebut merupakan fosil binatang. Namun demikian, kesimpulan itu harus dibuktikan secara ilmiah.

Jika nantinya benda itu benar merupakan fosil hewan purba, maka akan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Sebab, wilayah Cangkringan dimana benda itu ditemukan bukan termasuk kawasan temuan fosil seperti di Sangiran.

Sebagaimana diberitakan, pada awal Mei lalu, Subur (45), salah satu warga hunian tetap Pagerjurang, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, menemukan sebuah bongkahan batu diduga fosil di sekitar Sungai Opak. Saat itu, dia tengah mencari bambu di lokasi tersebut.

Saat pertama kali ditemukan, di seluruh bagian batu terdapat lumut. Saat dibersihkan, ternyata ada bagian lunak ikut tergerus sehingga diduga adalah tulang. Selain satu batu ukuran besar, dia juga menemukan puluhan serpihan benda serupa.

( Amelia Hapsari / CN31 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Kedu Terbaru
05 September 2014 | 21:45 wib
Dibaca: 8561
05 September 2014 | 20:15 wib
Dibaca: 5849
05 September 2014 | 17:18 wib
Dibaca: 5082
05 September 2014 | 16:02 wib
Dibaca: 582
05 September 2014 | 14:55 wib
Dibaca: 846
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER