panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
08 Mei 2013 | 04:34 wib
Hasyim: Calon Bupati yang Bagi Uang, Calon Koruptor

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Bupati Temanggung, Hasyim Afandi mengatakan, jika ada pasangan calon bupati wakil bupati membagikan uang kepada para pemilih, apabila terpilih menjadi pemimpin bisa ditengarai sebagai calon koruptor.

"Kalau ada calon yang membagikan uang jika terpilih bisa menjadi koruptor. Ada ratusan bupati yang kini berurusan dengan KPK karena tersangkut korupsi. Hal ini karena proses awalnya menjadi bupati memang tidak benar," katanya dalam acara Seminar dan Dialog Pemuda Menyongsong Pilkada Temangung 2013, di Pendapa Pengayoman, Selasa (7/5).

Hasyim lantas memberikan gambaran soal Pilkada Temanggung. Untuk mendapatkan 30 persen suara, secara hitungan kasar butuh sekitar 170 ribu pemilih yang menggunakan hak suaranya. Apabila calon membagikan uang minimal Rp 10.000 per orang, maka akan menghabiskan uang Rp 1,7 miliar, belum lagi masih harus membeli kaos dan spanduk sehingga total bisa mencapai Rp 3 miliar.

"Jika pasangan calon Bupati Temanggung mengeluarkan dana kampanye Rp 3 miliar lebih, kemungkinan ada yang tida benar prosesnya. Maka ditengarai akan menjadi calon koruptor jika menjabat bupati nanti," imbuhnya.

Menurutnya, pilkada yang berkualitas terletak pada prinsip langsung umum bebas rahasia, serta jujur dan adil, kemudian ditunjang dengan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

Dia berkeinginan di Temanggung ini akan ada pilkada berkualitas agar menghasilkan pemimpin yang juga berkualitas. Selain itu, juga berharap pilkada kali ini tidak ada ancam-ancaman, intervensi, money politics, sehingga pemilih bisa melaksanakan haknya dengan gembira tanpa tekanan pihak manapun.

Ketua KNPI Temanggung, Tomy Eko Kartika, mengatakan, kegiatan seminar tersebut diikuti oleh ratusan pemuda dari berbagai elemen, mulai pelajar, mahasiswa, serta organisasi kepemudaan yang ada di Temanggung. Hadir sebagai pembicara Ketua KPU Temanggung Sujatmiko, Komisioner Panwas Temanggung Henry Sofyan Rois, dan pakar hukum Untag Edi Pranoto.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak masyarakat khususnya generasi muda agar berpartisipasi aktif menciptakan pemilukada aman dan damai, serta memberikan pemahaman agar tidak terjadi golput.

Pada kesempatan itu, Tomy juga menegaskan, meski banyak pengurusnya menjadi tim suskses, namun secara kelembagaan KNPI menyatakan netral dalam pilkada dan tidak memihak pasangan calon tertentu.

( Raditia Yoni Ariya / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Kedu Terbaru
05 September 2014 | 21:45 wib
Dibaca: 8707
05 September 2014 | 20:15 wib
Dibaca: 5892
05 September 2014 | 17:18 wib
Dibaca: 5127
05 September 2014 | 16:02 wib
Dibaca: 583
05 September 2014 | 14:55 wib
Dibaca: 849
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER