panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
05 April 2013 | 15:52 wib
Sultan HB X Apresiasi Keterbukaan TNI

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku, apresiatif dengan sikap TNI yang mau terbuka soal tabir insiden penembakan empat tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan, Kabupaten Sleman.

"Jujur kami sangat apresiatif dengan terungkapnya kasus ini, sehingga tidak perlu ada proses investigasi yang panjang dan terlalu lama," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X ketika ditemui di DPRD DIY, Jumat (5/4).

Lebih lanjut Sultan, yang juga Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, melihat proses keterbukaan dan sikap cepat TNI yang ditunjukkan melalui tim investigasi, setidaknya hal tersebut menjadi salah satu indikator telah berjalannya proses reformasi di tubuh TNI yang selama ini digaungkan.

Tim Investigasi Kepolisian dan TNI akhirnya berhasil mengungkap pelaku penembakan di Lapas Cebongan, Sleman, dalam waktu relatif cepat dan singkat. Hal ini menunjukkan adanya reformasi di tubuh TNI yang makin jelas dan nyata.

Seperti diketahui 11 dari pelaku yang terlibat, adalah anggota komandan pasukan khusus (Kopasus) Grup II Kartosuro. Untuk itu, lanjut Sultan, dukungan institusi TNI untuk penegakan hukum perlu diapresiasi.

"Saya sangat apresiatif dengan sikap TNI," tambahnya.

Meski demikian, Sultan mengaku belum tahu apakah tindak lanjut kasus ini akan diselesaikan di Pengadilan Militer atau di Pengadilan Sipil. Kalau pun penyelesaiannya di pengadilan militer, Sultan minta agar konsistensi TNI dalam mengungkap kasus ini, bisa terus terjaga sehingga tragedi kemanusian bisa terus diusut tuntas.

Dengan tertangkapnya pelaku penembakan, menurutnya, masyarakat akan merasa lebih aman. Karena persoalan yang selama ini menjadi pertanyaan adalah siapa pelaku penembakan tersebut. "Jadi tidak menduga-duga dan tidak ada kekhawatiran dari masyarakat," ujar Sultan.

( Sugiarto / CN31 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Kedu Terbaru
24 April 2014 | 06:40 wib
Dibaca: 174
24 April 2014 | 05:30 wib
Dibaca: 408
24 April 2014 | 03:20 wib
Dibaca: 336
24 April 2014 | 00:44 wib
Dibaca: 377
23 April 2014 | 23:35 wib
Dibaca: 281
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER