panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
01 April 2013 | 02:38 wib
Libur Paskah Jogya Diserbu Wisatawan

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Sepertinya kasus penyerangan Lapas Cebongan, Sleman, yang menghebohkan tetap tidak mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta. Buktinya, selama libur Paskah Kota Budaya ini tetap dibanjiri wisatawan khususnya wisatawan domestik yang ingin jalan-jalan di kota itu.

Hal ini dibuktikan ribuan wisatawan yang datang menyerbu Yogyakarta. Kondisi ini terjadi sejak Jumat hingga Minggu (29-31/3) dimana sejumlah obyek wisata di Yogyakarta dibanjiri wisatawan. Seperti obyek wisata Kaliurang, Gembiraloka Zoo, Parangtritis, Keraton Yogyakarta, Malioboro dan masih banyak lagi lainnya.

Mereka datang ke Yogyakarta, ada yang menggunakan bus pariwisata, kendaraan pribadi, pesawat dan kereta api. Bahkan tiket Kereta Api dengan berbagai tujuan di Jawa yang diberangkatkan dari Daops 6 Yogyakarta semua ludes terjual.

Humas PT Kereta Api Daops 6 Yogyakarta, Sri Winarto, mengatakan tiket hari Minggu (31/3) telah semua terjual sedangkan tiket untuk hari Senin (1/4) hanya menyisakan 20 tiket. ''Libur panjang Paskah terjadi kenaikan permintaan tiket hingga 100 persen untuk semua jenis kereta," katanya siang tadi (31/3).

Sedangkan untuk kereta api komputer juga mengalami kenaikan penumpang. "Kenaikan penumpang juga pada kereta komuter seperti Pramek, Sriwedari dan Madiun Jaya," jelasnya

Menghadapi kenaikan penumpang ini PT KAI tidak menyediakan kereta tambahan tetapi hanya memaksimalkan rangkaian. "Kita juga akan memaksimalkan rangkaian kereta yang ada, yang diperkirakan mampu untuk menaikkan seluruh calon penumpang," katanya.

Sementara Penjualan tiket bus untuk jarak jauh dan sedang di Terminal Jombor, Sleman, juga  mengalami kenaikan hingga 60% dibanding hari libur biasa.

Ketua Paguyuban Agen Tiket Bus Malam Terminal Jombor, Sony Kurniawan mengatakan, pemesanan untuk keberangkatan hari Sabtu (30/3) dan Minggu (31/3).

"Lonjakan itu terutama untuk tujuan Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang dan Bekasi. Sedang untuk tujuan kota-kota di Sumatera meski mengalami kenaikan tetapi tidak besar," katanya.

Demikian pula untuk arah timur, Surabaya, Banyuwangi dan Bali juga tidak ada kenaikan pemesanan tiket yang signifikan. Menurut dia, kebanyakan para pemesan tiket itu adalah mahasiswa, pelajar dan pekerja muda.

Ia menduga, mereka itu  akan kembali ke kampus, sekolah atau tempat kerja mereka setelah long weekend Paskah. Lebih lanjut Sony mengatakan, kenaikan jumlah penumpang ini tidak dimanfaatkan dengan menaikkan harga tiket. 

Tiket Yogyakarta - Jakarta, katanya untuk bus eksekuif tetap Rp165.000 dan tarif VIP Rp125.000 serta ekonomi Rp 80.000. Meski terjadi kenaikan penumpang, namun belum memaksa pengusaha otobus untuk menambah armadanya. 

( Sugiarto / CN19 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Kedu Terbaru
image
24 Juli 2014 | 12:11 wib
Dibaca: 198
24 Juli 2014 | 11:51 wib
Dibaca: 281
24 Juli 2014 | 09:10 wib
Dibaca: 236
24 Juli 2014 | 06:50 wib
Dibaca: 244
24 Juli 2014 | 05:20 wib
Dibaca: 349
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER