panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
16 Maret 2013 | 11:19 wib
Angka Bebas Jentik di Sleman Masih Rendah

 

SLEMAN, suaramerdeka.com - Kendati telah dilakukan berbagai upaya antisipasi, penyakit demam berdarah dengue (DBD) terus mewabah di Kabupaten Sleman. Hingga pekan ketiga Maret ini tercatat 204 kasus DBD, dan temuan paling banyak ada di Kecamatan Depok yakni 58 pasien.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, tingginya kasus DBD tidak lepas dari faktor kebersihan lingkungan. Dari monitoring di beberapa lokasi, rata-rata angka bebas jentik (ABJ) masih dibawah 95 persen.

"Bulan ini kami mengadakan pemantauan jentik di wilayah Godean, dan Depok. Hasilnya perolehan ABJ hanya sekitar 75 persen padahal idealnya 95," katanya, Sabtu (16/3).

Jentik nyamuk kebanyakan ditemukan di bak mandi, kaleng bekas berisi air, dan pot tanaman. Karena itu, masyarakat diimbau rutin menerapkan 3 M yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang, serta ikanisasi pada genangan air yang memungkinkan jadi tempat hidup ikan.

Linda menerangkan, demam berdarah merupakan penyakit endemis yang ditularkan melalui vektor nyamuk aedes aegypti. Dalam waktu singkat dapat menimbulkan kematian, jika pasien tidak mendapat penanganan secara cepat. 

Di Sleman, pengendalian penyakit ini jadi prioritas karena penyebarannya ada di semua kecamatan. Langkah antisipatif yang dilakukan dinas salah satunya melalui pantauan jentik. Kegiatan ini utamanya pada awal dan akhir musim hujan.

Untuk memudahkan kontrol, tiap rumah yang masih terdapat jentik nyamuk disarankan ditempeli stiker. Jika sudah terbebas, stiker tersebut dapat dilepas. Upaya ini dimungkinkan untuk menekan resiko permasalahan penyakit DBD.

 

( Amelia Hapsari / CN19 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Kedu Terbaru
05 September 2014 | 21:45 wib
Dibaca: 6989
05 September 2014 | 20:15 wib
Dibaca: 5284
05 September 2014 | 17:18 wib
Dibaca: 4524
05 September 2014 | 16:02 wib
Dibaca: 559
05 September 2014 | 14:55 wib
Dibaca: 806
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER